Rabu, 13 Feb 2019 15:50 WIB

Panel Surya Bisa Dipasang di Mobil Lho!

Rizki Pratama - detikOto
Solar Panel Foto: Rizki Pratama/detikOto Solar Panel Foto: Rizki Pratama/detikOto
Bogor - Harga bahan bakar fosil semakin melonjak seiring menipisnya persediaan sumber daya alam tersebut. Beragam energi alternatif kini bisa menjadi solusi, untuk menunjang kebutuhan manusia seperti energi matahari khususnya pada alat transportasi.

Beberapa penelitian kini telah mencoba melakukan implementasi solar panel langsung ke mobil untuk menyikapi persediaan bahan bakar dan pemangkasan emisi. Namun solar panel sendiri sudah bisa diaplikasikan untuk beberapa kebutuhan dan dipasangkan langsung ke mobil konvensional.




"Solar panel bisa dipasangkan ke mobil biasa tentunya," Marketing Director PT Sky Energy Indonesia, Ronald Sibarani kepada detikoto di pabriknya.

"Fungsi solar panel sendiri kan sebagai penyerap energi matahari dan mengkonversinya menjadi energi listrik. Untuk menggunakannya diperlukan inverter tambahan," tambahnya.

Lampu solar panel di JalananLampu solar panel di Jalanan Foto: Rizki Pratama/detikOto


Untuk menyalurkan tenaga tersebut dibutuhkan perangkat tambahan untuk mengubahnya dari Direct Current (DC) ke Alternating Current (AC). Cara kerjanya solar panel akan menangkap energi matahari untuk disalurkan ke sumber listrik kendaraan seperti aki.

"Akan ada inverter dari DC ke AC. Untuk mobil saat ini di luar negeri sudah banyak pelanggan kami yang menambahkan solar panel ke kendaraan mereka sesuai kebutuhan," ujar Ronald.



Dari beberapa produknya yang dipasarkan di luar negeri, solar panel pabrik yang dikenal dengan nama Jskye ini mengatakan kebanyakan digunakan oleh mobil jenis Recreational Vehicle (RV). Hal ini dikarenakan berbagai fasilitas dalam mobil membutuhkan banyak energi listrik yang bisa menghemat penggunaan listrik dari mobil secara langsung.

"Dari pelanggan kami di luar negeri utamanya untuk RV atau Caravan tapi itu untuk menyalakan aksesori seperti tv dan berbagai kebutuhan listrik di dalam mobil bukan mesin. Di sana untuk kendaraan digunakan untuk rekreasi bukan harian," pungkas Ronald. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed