Kamis, 13 Des 2018 13:19 WIB

Mereka yang Terancam akibat Kecelakaan Lalu Lintas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Kecelakaan Mobil. Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono Ilustrasi Kecelakaan Mobil. Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas masih menjadi pemicu jutaan kematian di seluruh dunia tiap tahunnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis data terbaru bahwa sebanyak 1,35 juta jiwa melayang karena kecelakaan lalu lintas.

Kematian akibat kecelakaan lalu lintas ini ternyata dipengaruhi status ekonomi sosial. WHO merilis, lebih dari 90 persen kematian lalu lintas jalan terjadi di negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah.



Masih menurut WHO, tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas tertinggi ada di kawasan Afrika. Bahkan, di negara-negara berpenghasilan tinggi orang-orang dengan latar belakang sosial ekonomi rendah lebih mungkin terlibat kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan lalu lintas, menurut data WHO, mengancam mereka yang berusia muda. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian anak-anak dan dewasa berusia 5-29 tahun.



Soal gender, laki-laki lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan lalu lintas dibanding wanita. Sekitar tiga perempat (73 persen) dari semua kematian lalu lintas terjadi pada laki-laki muda berusia di bawah 25 tahun.

Bahkan, pria muda berusia di bawah 25 tahun hampir 3 kali lebih banyak yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas dibanding wanita muda. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com