Jumat, 16 Nov 2018 20:29 WIB

Laporan dari Thailand

Melihat Tempat Kelahiran Mitsubishi New Triton

M Luthfi Andika - detikOto
Logo Mitsubishi Foto: Ari Saputra Logo Mitsubishi Foto: Ari Saputra
Bangkok - Menjadi basis produksi mobil komersil untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen seluruh dunia, membuat Mitsubishi Motors Thailand patut diperitungkan. Nah kali ini detikOto pun berkesempatan untuk melihat dapur produksi yang menjadi tempat kelahiran Mitsubishi New Triton, yang dikirim ke-150 negara termasuk Indonesia.



DetikOto kali ini mendatangi pabrik ke-2 Mitsubishi di Thailand, atau yang kerap disapa Laemchabang Plant 2. Pabrik ini memproduksi truk dan Triton/L200. Pabrik ke-2 Mitsubishi ini dibangun pada 1996, dengan kapasitas produksi 184.000 unit/tahun. Atau 38 unit/jam. Total jam operasi pabrik ini pertahun adalah 4.842 jam (dengan overtime 1,5 jam / shift). Dan pabrik kedua Mitsubishi Motors Thailand ini, memiliki jumlah pekerja hingga 2.439 pekerja.

Sayang pada kesempatan kali ini, detikOto tidak diberi kesempatan untuk mengambil gambar sekalipun.



Meski demikian, detikOto bisa gambarkan sebenarnya pabrik Mitsubishi di Thailand ini tidak terlalu jauh berbeda dibandingkankan pabrik yang ada di Indonesia. Hal itu wajar karena memang Mitsubishi memiliki standar yang sama, untuk mendirikan pabrik.

Pabrik Mitsubishi ini memiliki beberapa bagian produksi, seperti Stamping, Welding, Painting, Assembly, dan Quality Check.



Selain itu, dikesempatan yang sama detikOto juga bisa berkempatan untuk bisa melihat produksi mesin. Pabrik ini memiliki eberapa proses diantaranya, Machining, Assembly, Quality Check.

Namun yang menjadi pembeda, pabrik Mitsubishi Ini memiliki satu fitur yang disapa Finger Scan Approval. Fitur ini merupakan fitur yang mengharuskan seorang pekerja menilai oke atau tidaknya satu produksi. Jika dinyatakan oke, maka satu petugas akan menyatakan melalui finger print yang akan langsung terhubung dalam satu data. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed