Rabu, 12 Sep 2018 16:49 WIB

Selain Malaysia, Pagar Pembatas Tong Dipasang di Negara-negara Ini

Dina Rayanti - detikOto
Pembatas tol di Malaysia. Foto: dok Paultan Pembatas tol di Malaysia. Foto: dok Paultan
Jakarta - Malaysia bukan satu-satunya negara yang memasang roller barrier alias pembatas jalan dari tabung silinder. Pembatas jalan itu diklaim lebih aman daripada pembatas beton yang biasa kita temukan di jalan.

Negeri jiran juga hanya mengadopsi teknologi tersebut dari Korea Selatan. Korea Selatan merupakan penemu teknologi itu dan memasangnya di jalanan sekitar negeri ginseng.


Di Korea teknologi itu diciptakan oleh perusahaan bernama ETI Ltd. Australia pun tak mau ketinggalan dengan menciptakan hal serupa. Di Australia pembatas jalan dari tabung itu digarap oleh KSI Global, bahkan sudah ada sejak tahun 2014.

Skema kerja dari roller barrier buatan Korsel dan Australia sebenarnya sama saja yakni mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga ketika mobil menabrak pembatas menjadi melipir ke samping ketimbang terus ke depan. Ini juga menjadi hal positif buat si penumpang yang ada di dalam mobil.

Roller barrier dipercaya bisa mengurangi cedera yang dialami oleh penumpang mobil. ETI sendiri mengaku produk buatannya itu sudah pernah melalui serangkaian tes di Eropa dan Korea. Sementara KSI sudah lolos uji tes di Amerika yang dikenal lebih ketat pengujiannya di dunia.


Rencananya roller barrier itu juga bakalan dipasang di Indonesia. Tepatnya di beberapa ruas jalan provinsi Jawa Barat seperti diutarakan Gubernur Ridwan Kamil.

Emil mengatakan roller barrier akan dipasang di beberapa daerah Jawa Barat karena memang jalananya banyak terdapat jurang dan jalan berliku. Diharap setelah dipasang, roller barrier dapat mengurangi angka kecelakaan. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed