Sabtu, 01 Sep 2018 08:40 WIB

Bus Listrik Antar Atlet Asian Games di Bandara Soekarno Hatta

Rizki Pratama - detikOto
Bus Listrik MAB/Mobil Anak Bangsa (Foto: Rizki Pratama) Bus Listrik MAB/Mobil Anak Bangsa (Foto: Rizki Pratama)
Tangerang - Bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) mulai beroperasi Jumat (31/8/2018) di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang. Bus listrik ini akan beroperasi di Bandara Soetta sebagai sarana transportasi antar terminal untuk kepulangan kontingen atlet Asian Games 2018.

"Operasi terbatas ini juga dilakukan dalam rangka melengkapi berbagai persyaratan dari MAB untuk nanti mendapatkan izin pengoperasian mobil listrik ini," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin yang ditemui saat memimpin proses uji coba bus listrik produksi MAB di Bandara Soetta.



Salah satu syarat yang harus didapatkan adalah sertifikasi dan layak jalan dari Kementerian Perhubungan. Pihak Angkasa Pura II juga mengadakan survei untuk mendapatkan respon publik terhadap hadirnya bus listrik buatan Indonesia ini sebagai sarana transportasi publik.



Selain syarat tersebut tentunya ada sejumlah persyaratan teknis lainnya yang harus dilewati bus listrik sebelum digunakan sebagai angkutan umum. Bus listrik yang disapa Maxvel itu memiliki kandungan lokal sampai 45 persen dan akan terus bertambah.



Selain rakitan nasional, bus ini juga diklaim mampu melaju hingga 300 km dengan sekali pengisian baterai selama tiga jam.



Cek video Bus Listrik Mobil Anak Bangsa Bakal Beroperasi di Bandara (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed