Jumat, 24 Agu 2018 14:46 WIB

Ada Truk Masjid, Ibadah Tak Perlu Jauh-jauh Cari Masjid di Tokyo

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil Mesjid. Foto: Yasu Project Mobil Mesjid. Foto: Yasu Project
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Kepala Panitia Pelaksana Proyek Masjid Berjalan sekaligus CEO Yasu Project Co., Ltd Yasuhara Inoue mengungkapkan bahwa tidak mudah dalam membuat mesjid berjalan di Jepang. Selain karena dirinya bukan warga muslim, isu tentang ISIS masih kerap menjadi pembicaraan di sana.

"Saya memiliki bisnis di luar Jepang, jadi saya sering ke Qatar, Arab, maupun negara Islam lainnya. Sehingga saya memiliki banyak sahabat beragama Islam. Di sana kami bertukar informasi, diskusi, pada akhirnya saat gelaran Olimpiade dan Paralimpiade 2020 ditetapkan di Jepang saya memiliki pemikiran untuk membuat masjid berjalan," kata Inoue ketika kunjungannya di Jakarta, semalam (23/8/2018).

"Awalnya juga banyak yang bertanya kepada saya karena ditakutkan mendukung gerakan ISIS. Tapi setelah dijelaskan hal ini untuk kesuksesan gelaran olahraga akbar tersebut, panitia maupun orang terkait setuju," lanjutnya.


Adanya mesjid berjalan yang bisa menampung 50 orang sekaligus ini bakal memudahkan pengunjung maupun atlet muslim bisa menunaikan ibadah salat 5 waktu. Sebab, masjid di Jepang sangatlah jauh dan langka.

"Jadi daripada mereka yang mencari masjid jauh-jauh, kenapa tidak masjidnya yang datang ke mereka," kata Inoue.



"Terobosan ini juga bisa mengakali akan seringnya kejadian gempa di Jepang yang mengakibatkan bangunan runtuh," tutupnya.

Mesjid berjalan berbasis truk Hino ini memiliki beberapa fasilitas. Memiliki luas sampai 48 meter persegi dan berat 25 ton, di dalam truk ada karpet yang dibuat sebagai sajadah, AC, kompas, tempat wudhu, sampai mineral crystal sebagai penyejuk ruangannya.

Tak cuma jadi masjid dengan ruangan tertutup, truk ini bisa terbuka menjadi masjid hanya dalam 5 menit dengan menekan sebuah tombol. Teknologi tersebut diklaim menjadi satu-satunya di Jepang. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed