Senin, 13 Agu 2018 17:27 WIB

Ngeri, Sudah 9 Orang Tewas Karena Lawan Arus

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Aksi tak tertib pengendara sepeda motor masih banyak dijumpai di jalanan ibukota. Rata-rata mereka melawan arus dan menerobos trotoar. Foto: Rifkianto Nugroho Aksi tak tertib pengendara sepeda motor masih banyak dijumpai di jalanan ibukota. Rata-rata mereka melawan arus dan menerobos trotoar. Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - Kesalahan dari pengemudi atau human error jadi faktor utama adanya korban meninggal karena kecelakaan lalu lintas. Salah satu dari pelanggaran lalu lintas yang paling sering terjadi adalah melawan arus.

Dari data Korps Lalu Lintas Polri, seperti yang dikatakan Kasubdit Laka Lantas Polri AKBP Dedy Suhartono, pada 2018 ini sudah ada sembilan orang yang meninggal akibat melawan arus.

"Ini data Jakarta. Yang luka berat 5, luka ringan 25. Sangat berbahaya lawan arus ini," ujarnya saat ditemui akhir pekan lalu di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show, di ICE, BSD, Tangerang.



"Ini Data yang ada di Jakarta, dan kebanyakan ya roda dua," tambah Dedy.

Banyaknya pengemudi yang lawan arus memang sudah menjadi pemandangan yang biasa terlihat. Macam-macam alasannya. Mulai dari malas memutar balik karena lokasi yang dituju dekat, sampai karena takut ada razia.



"Saya juga nggak habis pikir kenapa orang bisa lawan arus. Ya mungkin rumahnya dekat nggak mau muter mau cepat," kata Dedy.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com