Rabu, 18 Jul 2018 17:41 WIB

Ini Suku Cadang yang Tidak Bisa Dipalsukan

M Luthfi Andika - detikOto
Proses produksi suku cadang asli (Foto: Dikhy Sasra) Proses produksi suku cadang asli (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta - Maraknya spare part palsu membuat kita sebagai pengendara harus lebih waspada. Karena jika melakukan perawatan dengan spare part palsu, sudah pasti bisa berdampak pada kendaraan Otolovers.



Tapi tenang Otolovers, masih ada kok spare part yang tidak akan bisa dipalsukan. Seperti yang disampaikan GM Aftersales & Motorsport YIMM, M. Abidin.

"Yang kerap ditiru itu spare part fast moving, biasanya yang ditiru itu secara volume besar, karena harus diganti dalam jangka tertentu, kayak kampas rem, oli, ini paling banyak ditiru, atau belt," kata Abidin.



"Kecuali barang-barang yang berteknologi, seperti injeksi itu tidak, ECU (Electronic Control Unit) itu susah juga untuk ditiru. Pokoknya yang susah ditiru itu ada teknologi, bisa juga seperti silinder head, frame cover," ujar Abidin.



Namun Abidin mengatakan, harusnya para pemalsu ini tidak mencantumkan satu brand tertentu. Karena jika saja para pemalsu ini tidak mencantumkannya, maka langkah mereka untuk memproduksi spare part sendiri bukan menjadi masalah.

"Palsu itu menggunakan brand Yamaha lalu dijual secara umum. Kalau mereka punya brand sendiri ya tidak apa-apa. Masalahnya kalau mereka mau cepat laku, mereka menggunakan brand tertentu. Mencantumkan logo, seperti Yamaha Genuine part dan itu sangat melanggar," tambahnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed