Selasa, 26 Jun 2018 15:47 WIB

Bisa Tampung 59 Orang, Ini Spek Bus yang Diekspor ke Bangladesh

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Laksana Legacy SKY Foto: Eko Susanto Laksana Legacy SKY Foto: Eko Susanto
Jakarta - Karoseri Laksana akan mengekspor bus ke Bangladesh. Bus tersebut sedang dalam tahap pengembangan di pabrik Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.

Technical Head Manager Karoseri Laksana, Stefan Arman, mengatakan pihaknya kini sedang menyiapkan empat unit prototipe bus yang akan diekspor ke Bangladesh. Menurutnya, bus yang diekspor ke negara itu adalah model Legacy Sky SR-2 XHD Prime.



"Basisnya itu tipe bus Legacy Sky XHD Prime," kata Stefan kepada detikOto.

Bus tersebut sebenarnya sudah beredar di Indonesia. Dilihat dari situs resmi Laksana, bus tersebut mengedepankan kenyamanan untuk penumpang, bahkan untuk perjalanan jarak jauh sekalipun.

Bus Legacy Sky SR-2 XHD Prime memiliki desain yang tampak gagah. Bus tampil seperti sebuah double decker atau bus tingkat kalau dilihat dari bagian depan.

Di bagian depan, terdapat lampu dengan desain khas Legacy SR-2. Ditambah dengan daytime running light (DRL) dan ornamen krom di bumper. Desain lampu itu membuat muka bus seperti wajah orang yang lagi tersenyum ya?

Laksana Legacy Sky SR2 XHD PrimeLaksana Legacy Sky SR2 XHD Prime Foto: Dadan Kuswaraharja


Pintu depan dan pintu belakang bus bisa dipilih tipe swing, sliding manual, atau pneumatic plug. Di sebelah kanan, tidak terdapat pintu sopir. Tapi, kalau mau ditambahkan pintu sopir bisa saja dengan tipe pintu swing hinge mechanism.



Masuk ke interiornya, terdapat sistem lampu interior dengan empat tema warna, ada modern, classic, luxury dan glory. Lantai bus hadir dengan PVC Vynil flooring.

Terdapat opsional toilet kecil di dalam bus. Untuk kapasitas penumpangnya, bus ini bisa menampung hingga 59 orang.

Untuk kenyamanan, terdapat sistem hiburan di dalam bus. Laksana menyediakan opsional sistem video dengan LED TV 32" + 22" di tengah untuk model SR-2 HD Prime dan XHD Prime. Sistem hiburan juga didukung dengan sistem audio DVD player, 8 speaker dan subwoofer.

Tak ketinggalan sistem keselamatannya. Di dalam bus terdapat pintu darurat, palu pemecah kaca, alat pemadam api dan P3K, serta akses keluar darurat dari atap.


(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com