Selasa, 26 Jun 2018 14:50 WIB

Moeldoko Dukung Mahasiswa RI di Lomba Mobil Hemat Energi Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Shell Eco Marathon. Foto: Dok. Shell Indonesia Shell Eco Marathon. Foto: Dok. Shell Indonesia
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mendukung tim mahasiswa Indonesian di kompetisi Shell Eco Marathon Drivers' World Championship dan Shell Ideas360. Moeldoko pada hari ini, Selasa (26/6/2018) menerima kunjungan tiga tim mahasiswa Indonesia pemenang Shell Eco-marathon Drivers' World Championship Asia 2018 (SEM DWC 2018) dan satu tim mahasiswa finalis kompetisi Shell Ideas360.

Dalam siaran persnya disebutkan, Moeldoko mendukung tim-tim mahasiswa Indonesia yang mewakili Asia tersebut untuk meraih prestasi kelas dunia. Rencananya, tim mahasiswa Indonesia akan berlaga di ajang kompetisi global di festival Shell Make the Future Live di London, Inggris pada 5-8 Juli 2018.



"Presiden menyampaikan rasa bangga dan memberikan dukungan kepada keempat tim mahasiswa Indonesia berprestasi gemilang yang akan berlaga di ajang global Shell Make the Future Live di London. Presiden berharap tim mahasiswa Indonesia kembali mencetak prestasi yang membanggakan dan membawa harum nama bangsa. Saya harap kreativitas, inovasi dan motivasi yang kuat dari para mahasiswa ini akan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia lainnya untuk turut berkontribusi dalam upaya memberikan solusi energi masa depan," kata Moeldoko.

Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia Darwin Silalahi menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan dukungan kepada tim mahasiswa Indonesia berprestasi tersebut.

"Kami bahagia dan bangga telah diberi kesempatan untuk mempertemukan para tim mahasiswa berprestasi yang unggul di ajang kompetisi inovasi Shell tingkat regional maupun global selama ini. Dukungan yang diberikan oleh Presiden tentunya akan menjadi penyemangat bagi tim mahasiswa Indonesia untuk dapat mengukir prestasi terbaiknya," sebutnya.



Menurut Darwin, sumber daya manusia yang tangguh, inovatif dan mampu berkompetisi di ajang global adalah modal untuk menjadi pemenang di era revolusi industri 4.0. Hal itu telah ditunjukkan oleh tim-tim mahasiswa Indonesia.

Sementara itu, tiga tim mahasiswa Indonesia berhasil melalui seleksi dan kompetisi yang ketat di kawasan Asia Pasifik dengan memenangkan Shell Eco-marathon Drivers' World Championship Asia 2018. Ketiga tim itu adalah Tim Semar Urban UGM Indonesia dari Universitas Gadjah Mada, Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Tim Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Mereka akan berkompetisi secara global dengan para pemenang dari kawasan Eropa hingga Amerika di Grand Final kejuaraan dunia SEM Drivers' World Championship 2018.

Selain itu, satu tim mahasiwa Universitas Gadjah Mada (UGM) juga telah berhasil lolos masuk ke tahap Final ajang kompetisi "Shell Ideas360". Mereka akan mewakili Asia ke tingkat dunia.

Shell Ideas360 adalah sebuah kompetisi yang menantang para mahasiswa seluruh dunia untuk mengembangkan beragam ide dan gagasan dalam menghadapi tantangan global di sektor energi, pangan dan air. Di tahap final, tim mahasiswa UGM dengan gagasan mobil pintar yang diberi nama Smart Car Microalgae Cultivation Support akan bersaing dengan 4 tim mahasiswa dari 4 negara lainnya yaitu dari Uni Emirates Arab, Amerika, Prancis dan Australia pada 5 Juli mendatang di ajang festival Shell Make the Future Live di London, Inggris. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed