Kamis, 31 Mei 2018 16:33 WIB

Berapa Harga Pelumas Saat Euro 4 Dimulai?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ilustrasi Euro 4 Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi Euro 4 Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mendeklarasikan mobil yang dipasarkan harus sudah dibekali mesin dengan spesifikasi standar emisi Euro4. Begitu pun dengan komponen tambahannya seperti pelumas yang juga harus cocok dengan mesin Euro4.



Masuk akal jika berpikir pelumas akan lebih mahal saat harus diubah spesifikasinya agar cocok dengan mesin Euro4. Namun ternyata belum tentu juga lebih mahal.

Seperti yang disampaikan Brand SEO Manager Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Totok Subagyo, meski saat ini belum bisa dipastikan apakah ada kenaikan harga pelumas untuk mobil mesin Euro4, namun dirinya menyebut harga kemungkinan tidak jauh berbeda dengan pelumas saat ini.



"Dijual belum tentu lebih mahal, bisa saja sama dengan yang existing. Itu nanti tergantung hasil uji pasar dan lain sebagainya," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Sama halnya dengan biaya produksi, Totok juga belum bisa memastikan secara detil berapa biaya produksi untuk pelumas Euro4. "Belum hitung-hitungan secara detil, tapi tiadk terlalu jauh (dari yang pelumas biasa)," katanya.



Pertamina Lubricants sendiri menyatakan kesiapannya dengan kedatangan mobil bermesin Euro4. Mereka sudah menyiapkan segala sesuatunya di empat pabril miliknya. Dua di Jakarta, satu di Cilacap, dam Sulawesi. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed