Jumat, 25 Mei 2018 16:16 WIB

Transjakarta Lahirkan Bus Khusus Wanita karena Banyak Pelecehan?

M Luthfi Andika - detikOto
Bus Transjakarta Pink Khusus Wanita. Foto: dok. Transjakarta Bus Transjakarta Pink Khusus Wanita. Foto: dok. Transjakarta
Jakarta - Banyak dari perempuan Indonesia yang merasa risih saat memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Dilihat dari situasi yang ada, hal itu wajar, karena memang kondisi kendaraan umum di Indonesia banyak yang menilai kurang aman dan nyaman.

Bahkan beberapa kasus pelecehan pernah mendatangi wanita saat menggunakan kendaraan umum. Lalu, apakah benar TransJakarta menyediakan bus khusus wanita karena banyak pelecehan yang dialami para wanita?

"Kalau kasus pelecehan terhadap perempuan di TransJakarta sudah sangat minim sekali," kata Humas PT Transjakarta Wibowo, kepada detikOto.



"Ini memenuhi permintaan dari perempuan, karena ada perempuan yang ingin eksklusif (ada ruang khusus wanita). Jadi ini memang lebih kepada permintaan. Ada perempuan yang tidak mau bergabung dengan laki-laki yang bukan suaminya," tambahnya.

Saat ini bus pink yang khusus wanita telah beroperasi pada tiga koridor, yaitu koridor 1 dengan rute Blok M-Kota, Koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas, dan Koridor 9 dengan rute Pinang Ranti-Pluit. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed