Rabu, 04 Apr 2018 18:30 WIB

Bikin Sopir Betah, Ada Kamar Rasa Apartemen di Truk Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bikin Sopir Betah, Ada Kamar Rasa Apartemen di Truk Ini Foto: Pool (Youtube) Bikin Sopir Betah, Ada Kamar Rasa Apartemen di Truk Ini Foto: Pool (Youtube)
Jakarta -
Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan sopir truk yang mengantuk masih banyak terjadi. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, sopir yang mengantuk disarankan untuk segera istirahat. Kalau istirahatnya di tempat yang nyaman, pasti sopir-sopir itu bakal betah. Seperti di truk Volvo VNL ini.

Truk terbaru dari pabrikan asal Swedia ini akan memanjakan sopirnya. Volvo VNL disebut sebagai truk yang ramping dan berperforma tinggi. Namun di dalamnya, terdapat kemewahan ala apartemen.
Di dalam truk ini terdapat area tidur yang luas dan nyaman serta lebih kedap terhadap getaran jalan. Di dalam truk terdapat dua ranjang yang nyaman, meski digunakan saat truk melaju di jalan raya. Kasur empuk yang dilengkapi dengan lapisan busa tambahan dan penutup atas bantal sehingga menambah kenyamanan saat sopir utama atau sopir cadangan istirahat. Jika sopir bisa tidur lebih nyenyak maka mereka bisa bekerja lebih baik.

Untuk menambah kenyamanan, lemari kaca bisa dibuka ke belakang demi menambah ruang lebih banyak. Di dalam truk ini terdapat tempat tidur yang bisa ditegakkan sedikit untuk menonton TV atau membaca buku, meja yang memungkinkan untuk bekerja secara ergonomis serta pandangan jelas langsung ke layar TV dari kasur di atas.
"Volvo adalah perusahaan pertama yang membawa tingkat kenyamanan otomotif ke industri truk. Sekarang kami membawanya ke tingkatt yang benar-benar baru," kata Wade Long, Direktur Pemasaran Produk Volvo Trucks.

Inti dari pengembangan kabin truk ini adalah untuk menciptakan ruang yang lebih tenang. Dengan begitu, produktivitas lebih maksimal dan pengemudi bisa berkendara dengan lebih aman.
"Dengan menciptakan lingkungan istirahat yang nyaman, kami membantu pengemudi untuk bersantai. Hal yang sangat penting dalam perjalanan berhari-hari," kata Long.
Sudut baru dari kenyamanan tempat tidur di dalam truk ini memungkinkan pengemudi bertransisi dengan nyaman antara kerja sebagai sopir dan beristirahat. Posisi yang bisa disesuaikan menambah kenyamanan kursi santai ke dalam kabin, membuat tempat yang lebih santai untuk memeriksa dokumen perjalanan, menonton film, atau membaca buku sebelum tidur.
"Kami tahu bahwa pengemudi tidak memiliki istirahat malam yang layak yang memengaruhi produktivitas mereka untuk hari berikutnya, bahkan untuk satu minggu. Jadi penting bagi mereka untuk memiliki pengalaman yang memanjakan. Seorang pengemudi yang lebih baik dalam beristirahat akan lebih waspada, lebih aman, lebih produktif dan dalam suasana hati yang lebih baik," kata Kepala Perancang Interior, Brian Balicki.
Kemewahan truk ini terasa di luar-dalam. Truk menghadirkan ruang ekstra untuk akses di dalam saat berdiri, ada karpet lantai, hingga lapisan kulit mewah. Posisi duduk saat mengemudi didukung dengan posisi setir yang ergonomis. Sopir juga bisa duduk di jok kulit yang nyaman.
Di dalam kabin juga terdapat lemari es untuk menyimpan makanan dan minuman. Lemari es itu juga diklaim sebagai kulkas terbesar di dalam truk.
Di kabin truk ini ada beberapa tempat penyimpanan yang memanjakan. Lebih penting lagi, sopir bisa mengisi daya baterai ponsel di dalam kabin.
Kemewahan di eksteriornya, truk ini memiliki detail krom, trim stainless, decal bertuliskan Globetrotter serta fairing aerodinamis. Truk menggambarkan kesan kebanggaan untuk pemilik dan pengendaranya.

[Gambas:Youtube]

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed