Selasa, 06 Mar 2018 17:32 WIB

Sopir Truk Sering Anggap Dia Superman, Kuat Nyetir padahal Ngantuk

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Dok. Twitter TMCPoldaMetroJaya Foto: Dok. Twitter TMCPoldaMetroJaya
Jakarta - Dari sekian banyak kecelakaan truk di Indonesia, faktor utamanya terjadi karena sopir yang mengantuk. Sopir sering kali memaksakan nyetir.

"Kalau saya lihat si memang kecelakaan sering terjadi karena mereka sering memaksakan ya. Kayak ngantuk, dia anggap dirinya Superman ngopi aja terus, padahal dia perlu perhatikan waktu istirahatnya, saya sering perhatikan kecelakaan karena mengantuk, itu cukup sering, karena keterbatasan infrastruktur juga ya," ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Kyatmaja Lookman, di Jakarta



"Itu yang perlu kita luruskan sebenarnya. Manajemen waktu, waktu istirahatnya nggak teratur, terus mindsetnya, kembali lagi ke attitude," tambah Kyat.

Lalu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi adalah cara mengemudi sopir truk itu sendiri. "Karena behaviour, maksudnya kayak nyopirnya itu nempel gitu kan. Sering kali mengemudi itu agresif, gaspol, tapi dia lupa mobil dia itu 25 ton, kalau ngelibas orang kan habis itu," kata Kyat.



Untuk itu menurut Kyat, pendidikan untuk para sopir truk ini sangat diperlukan, sejak saat ini untuk masa mendatang.

"Makanya sebenarnya pendidikan defensive driving sama economic driving yang disusun itu sangat penting sekali sebenarnya," lanjutnya. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed