Senin, 05 Mar 2018 18:09 WIB

Solusi Ganjil-Genap di Tol Bekasi, Kemenhub Siapkan Bus Khusus

Ruly Kurniawan - detikOto
Menko Luhut dan Menhub Budi Karya meninjau pintu tol Bekasi. Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Disebut sebagai salah satu jalur tol termacet, tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur (Jakarta-Cikampek) akan diberlakukan ganjil-genap. Kebijakan tersebut mulai berlaku pada 12 Maret mendatang mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Tapi jangan khawatir, meskipun seperti itu Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sudah menyiapkan alternatif lainnya lho, Otolovers.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan, pihaknya akan menyiapkan bus secara khusus agar bagi yang tidak bisa melintas jalur tol bisa berpindah sementara ke sana.



"Pada tanggal 12 ada ganjil-genap bagi kendaraan pribadi di ruas tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat. Kita akan siapkan bus secara khusus agar mereka yang tidak bisa ditampung oleh kendaraan pribadi berpindah ke sana," jelasnya kepada wartawan di Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/3/2018).

"Ini juga dalam upaya kita membiasakan masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. Dalam jangka panjangnya, mereka akan beralih ke sana," lanjut Budi.



Di kesempatan yang sama, Kepala BPTJ Bambang Prihartono menuturkan, para pengendara bisa parkir di lahan yang sudah disediakan oleh pihaknya, LRT City alias Grand Dhika, Bekasi Trade Center (BTC), Summarecon, dan Mega City. Tarifnya, bagi para pemegang tiket bus premium BPTJ akan dikenakan Rp 10 ribu/hari.



"Kita sudah bicara dengan pihak mall. Sepakat tarifnya kita minta kalau nanti penumpang pemegang karcis bus premium dia dikenakan Rp 10 ribu dari pagi sampai malam. Kalau dia tidak megang itu ya berarti bayar seperti biasa (tarif parkir normal-Red)," katanya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com