Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Maret 2018, 14:45 WIB

Begini Cara Baca GPS yang Aman Saat Berkendara

M Luthfi Andika - detikOto
Begini Cara Baca GPS yang Aman Saat Berkendara GPS di dalam mobil. Foto: Istimewa
Jakarta - Pihak kepolisian kembali memastikan, melihat Global Positioning System (GPS) boleh-boleh saja. Asalkan tetap memperhatikan kondisi jalan dan tetap berkonsentrasi saat berkendara. Nah, namun ada baiknya Otolovers tahu bagaimana membaca GPS yang baik dan benar.

Kali ini Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pengendara multitasking akan sulit diwujudkan. Karena hal itu bisa merusak konsentrasi.



"Seperti melakukan panggilan telepon jelas ini mengganggu konsentrasi orang. Jadi seluruh negara menerapkan penggunaan telepon tidak dibenarkan saat mengemudi," kata Jusri.

"Sedangkan yang lain-lainnya seperti menggunakan GPS dan lain-lain, sah-sah saja (di berbagai negara-Red). Tapi berhati-hati saat melihat display (GPS). Karena saat berkendara di kecepatan 60 km/jam, dan melihat GPS 1 detik itu sudah hilang konsentrasi 17 meter. Sehingga ini akan membuka peluang kecelakaan," katanya.



Jusri memberikan tips bagaimana cara membaca GPS yang baik dan benar. Ini perlu dilakukan agar pengendara selamat saat berkendara. Dia menyebut, pengendara bisa melihat display GPS saat kendaraan berhenti.

"Selain itu bisa disikapi juga pengendara tidak perlu melihat display tapi mendengarkan perintahnya (melalui pesan suara) saja tanpa melihat display," kata Jusri.



"Selain itu GPS juga bisa digunakan dengan bantuan orang lain (untuk memberitahukan arah GPS-Red) atau memiliki navigator di sebelah kita," tambahnya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed