Senin, 05 Mar 2018 09:00 WIB

Bus Listrik Siap Jelajahi Pantura

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Model duduk di bagian dalam bus listrik Mobil Anak Bangsa (Foto: Rachman Haryanto) Model duduk di bagian dalam bus listrik Mobil Anak Bangsa (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Salah satu perusahaan otobus yang sudah memesan bus listrik garapan Mobil Anak Bangsa adalah PO Pahala Kencana. Pahala Kencana sudah memesan ratusan unit bus listrik.

Namun bus listrik MAB yang dipesan Pahala Kencana speknya bakal berbeda dengan spek bus listrik MAB yang sekarang lebih cocok untuk bus TransJakarta atau shuttle penumpang di bandara dengan lantai yang rendah.



"Kami pesan 150 unit bus listrik, tapi speknya berbeda dengan sekarang, untuk kami busnya ada 34 tempat duduk dengan kursi yang agak renggang, kami ingin angkut lebih banyak, kalau bisa double axle, bisa 15 meter, ban belakangnya dua," ujar Direktur Utama PO Pahala Kencana Bambang T. Tedjokusumo kepada wartawan di Jakarta.



Bambang mengharapkan bus listrik pesanannya itu segera mengaspal untuk melayani rute-rute Pahala Kencana di jalur pantai utara Jawa (Pantura). "Bisa dari Jakarta-Surabaya, Jakarta Malang," ujarnya.

Bambang tidak menyebut berapa harga satu unit bus listrik, namun dia mengatakan bus listrik bakal lebih murah karena diproduksi di dalam negeri, belum lagi rencana keringanan pajak untuk kendaraan ramah emisi.



Sebagai antisipasi, pihaknya akan memasang fasilitas pengisian baterai di pool Pahala Kencana. "Nanti bakal ada docking charging yang banyak, MAB juga bisa menyediakan mobile charging, mereka datang ke lokasi bus, 1,5 jam ngecas," ujarnya.

Terakhir Bambang mengharapkan tahun 2019 bus listriknya bisa mulai beroperasi karena pada 2020, Pahala Kencana ingin bertransformasi menjadi operator yang seluruh armadanya menggunakan bus listrik semua. Wah semua armada? Hebat Pak!

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed