Minggu, 04 Mar 2018 07:02 WIB

Di India, Anak di Bawah Umur Berkendara, Orang Tua Bakal Dipenjara

Dina Rayanti - detikOto
Kepolisian di daerah Hyderabad dengan tegas bakal memenjarakan orang tua yang kedapatan membiarkan anaknya berkendara tanpa SIM. Foto: Rushlane Kepolisian di daerah Hyderabad dengan tegas bakal memenjarakan orang tua yang kedapatan membiarkan anaknya berkendara tanpa SIM. Foto: Rushlane
Hyderabad - Anak di bawah umur memang belum waktunya berkendara. Tapi pemandangan anak-anak yang berkendara masih sering kita lihat di jalanan.

Ternyata hal itu bukan hanya menjadi masalah di Indonesia saja. Di India juga hal semacam itu kerap ditemukan. Tapi bedanya yang dikenakan hukuman justru orang tuanya.

Seperti diberitakan Rushlane, Minggu (4/3/2018), kepolisian di daerah Hyderabad dengan tegas bakal memenjarakan orang tua yang kedapatan membiarkan anaknya berkendara tanpa SIM.

Baru-baru ini misalnya 10 orang tua harus menginap di dalam hotel prodeo daerah Hyderabad. Mereka dianggap melakukan pembiaran terhadap anak-anaknya yang belum cukup umur mengendarai motor.

Bukan cuma harus mendekam di tahanan, orang tua ini juga harus membayar denda sebesar 500 rupee yang kalau di rupiahkan sebesar Rp 105 ribuan. Nantinya sang anak akan dikirim ke tempat pembinaan khusus.

Itu dilakukan kepolisian setempat karena semakin maraknya tingkat kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur.

DI India, tak hanya Hyderabad saja yang menerapkan aturan itu. Daerah lain seperti Bengaluru juga mulai mengikutinya sejak tahun 2017. Kala itu sebuah video terkait anak yang berkendara di umur menyebar luas di sosial media.

Kemudian pihak kepolisian setempat mengidentifikasi video sekaligus langsung mencari tahu orang tua si anak. Setelah informasi lengkap didapat barulah orang tuanya ditangkap sementara sang anak dibebaskan setelah mendapat peringatan keras agar tidak mengulangi perbuatannya.

Semakin banyaknya kecelakaan yang melibatkan anak-anak, orang tua dianggap sebagai pihak yang harus bertanggung jawab. Orang tua diharap bisa memberikan pengertian kepada sang anak dan juga memberi tahu bahaya berkendara di bawah umur. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed