Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 14 Februari 2018, 18:50 WIB

Bus Baru TransJakarta Gantikan Peran Bus Kota

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Bus Baru TransJakarta Gantikan Peran Bus Kota Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali
Ungaran - TransJakarta menambah 300 unit armada bus low entry. Diharapkan, Juli nanti semua unit sudah bisa beroperasi. Sebanyak 300 unit bus low entry itu nantinya akan beroperasi di luar Bus Rapid Transit (BRT) atau jalur khusus bus TransJakarta.

Dengan demikian, diharapkan bus low entry ini bisa menjadi pilihan masyarakat sebagai kendaraan transportasi baru.





"Dulu kita memproduksi bus BRT sekarang kita memproduksi bus non-BRT. Jadi nanti tidak akan beroperasi di jalan busway tetapi menjadi pengganti bus kota pada umumnya. Akan beroperasi di trotoar yang dibangun dinas marga sehingga warga nyaman dalam meneruskan perjalanan," ujar Direktur Teknikal TransJakarta, Wijanarko, kepada wartawan, di Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2018).

Selain itu, bus tersebut juga diharapkan menjadi bus pengumpan di beberapa titik yang dirasa perlu dan banyak penumpang yang menginginkannya.



"Bus ini akan menjadi feeder di stasiun MRT, KCJ (PT KAI Commuter Jabodetabek) dan halte Transjakarta," kata Wijinarko.

Rencana tersebut sudah diterapkan baru di Tebet, Jakarta Selatan. Meski harus bersaing dengan kendaraan transportasi lainnya, kata Wijinarko, bus low entry ini tetap paling diminati penumpang.



"Yang sudah kita lakukan adalah yang di Tebet, terus terang kami Head to Head dengan angkot, ojek online, tapi kami tetap penggemarnya banyak," tuturnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed