Selasa, 30 Jan 2018 18:48 WIB

Tidak Beroperasi, Halte Bus di Bandung Beralih Fungsi Jadi 'Hotel'

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Daniel Hermawan/PasangMata Foto: Daniel Hermawan/PasangMata
Jakarta - Demi menjamin para penumpang angkutan umum agar selamat dan terhindar dari kecelakaan, pemerintah telah menyediakan halte untuk menaik-turunkan mereka. Tetapi tidak sedikit dari fasilitas tersebut yang belum beroperasi dan dinikmati dengan semestinya.

Halte Kebon Jati, Bandung, salah satunya. Menurut laporan pembaca detikcom, Daniel Hermawan, halte tersebut ternyata sudah beralih fungsi menjadi tempat menginap tunawisma. Ketika sedang berkendara, ia melihat ada kardus dan banyak barang serta satu orang di sana.

"Kalau di Bandung halte itu kan jadi pajangan gitu, tidak seperti Jakarta ya. Tidak beroperasi dengan semestinya. Lalu tadi pas saya jalan naik motor lihat bahwa di Halte Kebon Jati penuh dengan kardus dan barang-barang para tunawisma yang tinggal di sana. Jadi ngeganggu banget gitu," kata Daniel Hermawan saat dihubungi detikOto, Selasa (30/1/2018).

"Sudah seperti hotel aja," lanjutnya.

Ia juga memperkirakan ada tiga sampai empat orang yang menginap di 'hotel' tersebut. "Saya sih tadi lihatnya yang tinggal di sana satu orang. Tapi kayaknya kalau malam itu mungkin tiga sampai empat orang deh," lapor Daniel.

Lantas bagaimana nasib Damri dan kendaraan umum yang seharusnya menggunakan halte tersebut? Pada akhirnya, kata Daniel, kendaraan masal itu tak lagi menaik-turunkan penumpang di tempat semestinya yakni halte.

"Jadinya Damri itu menaik-turunkan penumpang tidak di halte karena sudah tidak beroperasi lagi (karena hal tersebut). Jadi turunnya di jalan, jadi kayak angkot. Harapan saya Pemkot dan Dinas Perhubungan setempat bisa mengembalikan fungsi halte dengan semestinya," harap Daniel.

[Gambas:Pasang Mata]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed