Minggu, 10 Des 2017 09:07 WIB

Heboh! Iring-iringan Pengantar Jenazah Lawan Arus dan Rusak Mobil Orang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Arogansi iring-iringan pengantar jenazah. Foto: Screenshot Instagram @putryaprilla Arogansi iring-iringan pengantar jenazah. Foto: Screenshot Instagram @putryaprilla
Makassar - Dunia maya dihebohkan dengan video iring-iringan pengantar jenazah yang berkendara ugal-ugalan. Iring-iringan itu berkendara melanggar lalu lintas dengan melawan arus.

Tak hanya itu, mereka yang menggunakan sepeda motor juga tak mengenakan helm. Lebih parah lagi, iring-iringan itu dengan arogan merusak mobil orang lain.

Video yang diunggah akun Instagram @putryaprilla ini menggambarkan gerombolan pemotor yang melawan arus. Menurut keterangan video yang ditulis @putryaprilla, mobilnya ditabrak oleh motor yang sedang iring-iringan mengantar jenazah.

"Lokasi di urip sumoharjo, Makassar. Korban bukan cuma mobil saya, tapi mobil di depan saya juga (mobil juke) ikut di tendang sama si pelaku. Jadi pelaku tersebut tidak menggunakan helm dan melawan arus lalulintas, spion saya sengaja ditendang sampai hancur. Kebetulan saya sedang merekam kejadian tersebut jadi ada bukti.

Bukan yang gimana gimana sih, kok saya kecewa & geram ya ada orang kaya begini. Mau nganter jenazah harus banget buru-buru? Harus banget nendang mobil orang? Saya seorang Muslim, tapi setau saya tidak ada dalil yang mengajarkan seseorang harus berlaku demikian sewaktu mengantar jenazah. Mau nganter jenazah atau mau begal orang ya?
.
.
Siapapun kalian, orang berkendara pun harus punya tatakrama ya, gabisa asal-asalan bikin aturan semaunya begitu.
.
.
Bikin jalanan aja sendiri mas kalo emang gabisa ikutin aturan yang ada.
.
Saya bener bener pengen tindak lanjuti orang orang yang seperti ini. Sangat sangat sangat merugikan orang lain."

Video ini pun tersebar luas di jagat maya. Akun @polantasindonesia juga me-repost video itu. Warganet menanggapi dari berbagai sisi.

"Kalo menurut gue sih itu emang yg nendang bener2 keterlaluan. Kalo mmg harus memakai jalur yg berlawanan kan sudah cukup di jalur paling kanan. Itu mobil mbaknya ada di jalur tengah. Hhm," komentar @fateehhh.

"Di makassar emg gitu. Dlu mobil tante sy juga ditendang kaca spionnya, padahal macet, mobil kiri kanan depan. Gimana mau maju coba? Tu motor rombongan kawal jenazah malah marah2 trus nendang kaca spion. Emg gitu di makassar mau di kata sok2an kalo ngawal jenazah. Rada2 arogan kalo org sini makanya kalo ada rombongan Jenazah gitu biasa gw langsung ambil lajur paling kiri biar kgk kena tendangan maut," tulis @ivansapto_.

Memang, Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah mengatur kendaraan-kendaraan yang diprioritaskan di jalan raya. Salah satunya yang tertuang dalam Pasal 134 butir (f) adalah iring-iringan pengantar jenazah.

[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed