Kamis, 02 Nov 2017 19:03 WIB

Laporan dari Jepang

Mr Nara 70 Tahun Masih Asyik Narik Bus di Jepang

Rois Jajeli - detikOto
Foto: Rois Jajeli Foto: Rois Jajeli
Tokyo - Bagi orang yang berumur 70 tahun di Indonesia, pada umumnya sudah pensiun. Tapi berbeda dengan orang Jepang yang satu ini. Namanya Nara, asal Iwate, Jepang. Bapak tiga anak ini masih terlihat segar bugar dan masih mampu bekerja sebagai sopir bus travel.

"Saya salut dengan Mr Nara. Umurnya 70 tahun tapi masih sehat dan tetap bekerja sebagai sopir bus," ujar Liana Widjaja, seorang guide yang memandu rombongan dari media Indonesia dan perwakilan manajemen Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selama perjalanan di Tokyo, Jepang pekan lalu.

Nara sudah bekerja sebagai sopir bus pariwisata di Jepang sudah 40 tahun lamanya. Meski boleh dikatakan sudah usia lanjut, Nara tetap semangat bekerja.

"Dia nggak mau berhenti bekerja. Karena masih mampu dan sehat. Sampai teman-temannya sesama sopir bus di perusahaan mengatakan, Mr Nara sopir yang paling sehat dan sangat dihormati sesama driver" ujarnya.

Setiap hari, Nara pulang pergi dari tempat tinggalnya di Iwate, daerah kawasan utara Jepang ke tempat perusahaan busnya, sekitar 500 kilometer. Dia tidak mau naik Shinkansen (kereta cepat yang terkenal di Jepang), tapi lebih memilih mengendarai mobil sport miliknya.

"Saya tanya ke dia, apakah tidak bosan mengemudi terus. Katanya, tidak karena suka dan hobi mengemudi," ujarnya.

Liana menambahkan, Mr Nara juga hobi memasak. Bahkan, dia pernah menawari Liana untuk dimasakkan Bento untuk sarapan pagi.

"Dia pulang pergi jaraknya 500 kilometer, tapi masih sempat masak untuk sarapan atau makan siang. Biasanya sarapannya dimakan saat menunggu di bus. Karena di sini (Jepang) dia tidak bisa meninggalkan lama busnya, karena nggak ada tempat untuk berlama-lama parkir bus," jelasnya.

Nara memiliki tiga anak. Semua anaknya kuliah di perguruan tinggi negeri di Jepang. Bahkan, anak pertamanya yang sudah lulus kuliah dan sekarang sudah jadi pengusaha. Meski anaknya sudah besar, Nara tetap menggeluti profesinya.

Mr Nara 70 Tahun Masih Asyik Narik Bus di JepangFoto: Rois Jajeli


"Dia suka nyetir dan menikmati pekerjaannya. Dia puas apa yang bisa dikerjakannya. Dia juga memiliki etos kerja yang luar biasa," katanya.

Penghasilan Nara sebagai sopir bus cukup lumayan. Setiap bulan menerima 400 ribu yen, jika ditukar ke rupiah sekitar Rp 48 juta per bulan.

"Sopir digaji 400 ribu yen lebih. Jadi mereka nggak ada masalah dan itu salah satu kebanggaan mereka dan menghargainya," tandasnya. (roi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com