Minggu, 29 Okt 2017 07:06 WIB

Bisa Tidak ya Bus Transjakarta Pakai Tenaga Listrik?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pool (Transjakarta) Foto: Pool (Transjakarta)
Jakarta - Mengubah kendaraan menjadi berbasis listrik merupakan langkah konkret yang dapat mengurangi polusi udara khususnya di Indonesia khususnya ibukota Jakarta. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun ke depan direncanakan seluruh kendaraan yang beroperasi tidak akan mengeluarkan gas emisi lagi.

Dewasa ini, sudah banyak produsen otomotif mengeluarkan kendaraan yang mengusung tenaga listrik. Bukan hanya mobil dan motor saja, kendaraan besar seperti bus dan truk juga sudah mengusung tenaga listrik. Bisa tidak ya teknologi tersebut juga disematkan pada kendaraan umum seperti Transjakarta?

Terkait hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengucapkan rencana tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dan sistematis.

"Bertahap. Nanti kita lihat dulu dan pelan-pelan. Memang sih sensasinya menarik, tapi bukan itu tujuannya," ujar pria nomor satu di Jakarta tersebut kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta.

"Kita ingin agar rencana penggunaan green energy itu dikerjakan dengan sistematis termasuk pemanfaatan teknologinya. Kita lakukan bertahap," katanya lagi.

Saat ini Transjakarta bisa dibilang sudah menggunakan bahan bakar yang cukup ramah lingkungan yakni BBG (Bahan Bakar Gas).


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya