Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 18 Oktober 2017, 08:00 WIB

Canggih, Jalanan dengan LED dan Kamera Ini Bisa Kurangi Kecelakaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Canggih, Jalanan dengan LED dan Kamera Ini Bisa Kurangi Kecelakaan Foto: Motor1
Jakarta - Keselamatan jalan raya menjadi hal yang sangat penting. Sebab, kecelakaan dan kematian lalu lintas masih terbilang tinggi.

Pabrikan otomotif pun berlomba-lomba menghadirkan kendaraan yang aman dengan fitur-fitur canggih. Tapi, ada sebuah perusahaan yang merancang fitur keselamatan dengan memodifikasi jalanan.

Diberitakan Motor1, jalanan itu diberi LED dan kamera. Jalanan dengan LED tersebut mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki dan memberikan peringatan kepada pengguna jalan akan bahaya.

Prototipe jalanan dengan LED dan kamera ini dibuat di London, Inggris. Jalanan jenis itu didesain oleh Umbrellium, ahli teknologi perkotaan.

Kamera definisi tinggi dan LED ditanam di jalanan. Jalanan jenis ini disebut bisa mengurangi angka kecelakaan.

"Kami telah menciptakan jalan yang mampu mendeteksi dan merespons pejalan kaki. Dua kamera yang mampu merekam ratusan variabel berbeda memantau persimpangan 22 meter, begitu mereka mendeteksi pejalan kaki atau pengguna jalan lainnya, sistem akan memberi informasi tersebut ke komputer dalam waktu kurang dari seperseratus detik," kata Usman Haque founding partner of Umbrellium.

Permukaan jalan terbuat dari plastik yang mampu menahan lalu lintas yang padat. Di dalam plastik, ada lebih dari 660 lampu LED yang bisa diprogram untuk mengubah warna atau membuat corak, tergantung situasinya.

"Prototipe kami tahan air, bisa menahan beban kendaraan dan bisa mengenali perbedaan antara pejalan kaki, kendaraan dan pengendara sepeda," kata Haque. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed