Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 17 Oktober 2017, 09:01 WIB

Ini Rute-rute yang Bakal Dilalui Bus Pengganti Metromini

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini Rute-rute yang Bakal Dilalui Bus Pengganti Metromini Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Metrotrans dan Minitrans, bus angkutan umum baru dari PT TransJakarta direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun ini. Hingga sekarang, keduanya tengah dalam proses administrasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) terkait layak jalan dan area operasinya.

Presiden Direktur PT TransJakarta Budi Kaliwono memaparkan, kedua bus modern tersebut akan berada di jalur yang berbeda. Minitrans, selaku transportasi umum hasil revitalisasi Metromini akan berfungsi menjadi feeder sedangkan Metrotrans akan menjadi bus kota seperti TransJakarta namun dapat berhenti di jalur non koridor.

"Sampai sekarang untuk area operasi memang masih dalam penggarapan, jadi belum dapat kita keluarkan statement nya. Tapi yang pasti Minitrans akan berfungsi seperti Metromini yang membawa penumpang dari beberapa titik bus stop ke halte TransJakarta (dari luar koridor ke dalam koridor), dan keluar koridor lagi," ujar Budi kepada detikOto saat ditemui di Kantor PT TransJakarta, Cawang, Jakarta.

"Sedangkan Metrotrans akan seperti bus kota pada umumnya. Hanya saja dia mampu berhenti di area non koridor dan sangat ramah pada penyandang disabilitas. Mobilnya (suspensi-Red) bisa turun sehingga jarak antara bibir bus ke tanah menjadi rendah," katanya lagi.

Karena adanya perbedaan terhadap keduanya sekaligus kepada TransJakarta, Budi memaparkan jalurnya akan berbeda."Metrotrans misalkan, dia akan beroperasi di rute-rute yang tidak ada halte TransJakarta-nya seperti di Kasablanka. Perkiraan seperti itulah rutenya," ucap Budi dalam kesempatan yang sama.

"Tapi untuk rute pastinya, nanti akan dikabarkan setelah semua proses dan pengesahan sudah selesai," tutupnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed