Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 16 Oktober 2017, 17:47 WIB

20 Minitrans Pengganti Metro Mini Sudah Siap Narik Penumpang

Ruly Kurniawan - detikOto
20 Minitrans Pengganti Metro Mini Sudah Siap Narik Penumpang Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Armada Metro Mini yang identik dengan asap hitamnya itu akan segera diremajakan. Metro Mini kelak akan digantikan oleh yang lebih modern, Minitrans. Hingga saat ini, sekitar 20 unit bus angkut tersebut sudah siap beroperasi.

"Minitrans ini merupakan revitalisasi dari Metro Mini. Memang fungsinya akan seperti pendahulunya (Metro Mini) yakni sebagai feeder. Jadi dia dari luar koridor, membawa penumpang ke dalam koridor TransJakarta, lalu keluar koridor lagi (bus non koridor) tapi sudah menggunakan fitur yang sama dengan TransJakarta. Lebih nyaman dan modern," kata Presiden Direktur PT TransJakarta, Budi Kaliwono saat ditemui detikOto di Kantor TransJakarta, Cawang, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Sebagai awalan, Minitrans akan disediakan sebanyak 100 unit yang akan berjalan di rute Metro Mini yang sudah ditentukan. Kini, sekitar 20 unit sudah dihadirkan dan siap untuk beroperasi.

"Kita akan sediakan 100 unit Minitrans tapi untuk hari ini, sudah sekitar 20an yang ada disini dan itu sudah siap semua. Tinggal pengurusan administrasinya saja yang sedang pengurusan di tahap akhir," ucap Budi.

"Untuk rute, kita belum tahu karena sedang disah kan dan digodok. Tapi pasti berbeda dengan TransJakarta," tambahnya.

PT TransJakarta melahirkan dua bus angkutan umum yakni Minitrans dan Metrotrans. Minitrans akan befungsi sebagai salah satu angkutan umum yang menggantikan Metro Mini yakni sebagai angkutan umum pengumpan atau feeder.

20 Minitrans Pengganti Metro Mini Sudah Siap Narik PenumpangFoto: Hasan Alhabshy


Dalam artian, bus tersebut akan menjadi penghubung penumpangnya dari beberapa titik bus stop ke halte TransJakarta (dari luar koridor ke dalam koridor). Bedanya, bus angkut tersebut akan menjadi lebih modern dan seksi pada eksterior dan interiornya.

Sedangkan Metrotrans, merupakan versi besar dari Minitrans. Secara fungsi, ternyata angkutan ini cukup berbeda, yakni Metrotrans dapat berfungsi seperti Transjakarta dan bisa menjadi pengganti Metromini yang tidak masuk dalam jalur khusus. Terlebih, bus ini sangat ramah akan penyandang disabilitas. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed