Selasa, 05 Sep 2017 10:10 WIB

Vietnam pun Bikin Mobil dan Motor Nasional

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Suasana jalanan di Vietnam Foto: Rachman Haryanto Suasana jalanan di Vietnam Foto: Rachman Haryanto
Hanoi - Vietnam sedang mempersiapkan mobil nasional sendiri. Salah satu perusahaan pengembang properti berniat untuk membangun pabrik mobil buatan Vietnam dengan merek sendiri.

Diberitakan Reuters, pengembang properti terkemuka di Vietnam, Vingroup, mengatakan pihaknya akan meluncurkan pembangunan pabrik mobil dalam sebuah proyek senilai 1-1,5 miliar dolar Amerika. Investasi senilai itu akan digelontorkan untuk tahap pertama.

Vingroup berharap bisa menjadi salah satu produsen mobil papan atas di kawasan Asia Tenggara. Mereka menargetkan produksi 500.000 mobil per tahun pada 2025.

Untuk tahap awal, Vingroup ingin memproduksi 100.000-200.000 kendaraan per tahun. Kendaraan yang disiapkan berupa sedan lima kursi, SUV tujuh kursi serta sepeda motor listrik.

Menurut juru bicara Vingroup, pabrik yang disiapkan ini akan memproduksi motor listrik terlebih dahulu dalam 12 bulan ke depan. Sementara mobil pertamanya meluncur pada 24 bulan kemudian.

Merek konstriksi di bawah Vingroup, VINFAST berencana membeli blueprint mesin mobil dan sistem mekanis dari perancang top di Eropa dan Amerika. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com