Rabu, 30 Agu 2017 06:28 WIB

Seabad Industri Otomotif, Ini Rencana Ekspansinya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Industri otomotif di Indonesia sudah memasuki umur satu abad. Seperti apa industri otomotif di masa depan menurut pemerintah?

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, rencana kedepan harus layak dan arahnya sama.

"Dan visi kita tercapai yaitu investasi, lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor," ujarnya, di acara Satu Abad Industri Otomotif Indonesia, di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Lalu ke depannya pemerintah juga akan menata industri agar lebih bersahabat dan tidak merugikan lingkungan. "Semua tuntutannya green (penghijauan)," kata Putu.

Mengembangkan industri otomotif di daerah-daerah yang masih tertinggal juga jadi fokus pemerintah. "Tuntutannya otomotif harus masuk ke daerah-daerah, agar merata, industri harus ada di daerah," lanjut Putu.

Program mobil LCGC juga akan diarahkan lebih mendalam, dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. "Maka kita buat program baru bernama LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), sebagai kelanjutan LCGC atau overlapping kendaraan yang lebih besar," papar Putu.

Bukan hanya kendaraan roda empat, kendaraan roda dua pun masuk ke dalam rencana pemerintah ke depannya. "Roadmap juga melibatkan R&D industri untuk ke depannya paling tidak melakukan riset. Hanya sampai saat ini belum siap insentifnya," pungkas Putu. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed