Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 18 Agustus 2017, 15:49 WIB

nodrivingunder17

Alasan Pentingnya Berkendara Saat Sudah Dewasa

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Alasan Pentingnya Berkendara Saat Sudah Dewasa Foto: detikOto
Jakarta - Untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), pengendara memang harus menginjak usia 17 tahun, karena pada umur itulah pada umumnya seseorang sudah lebih dewasa dalam menentukan sikap di jalanan.

Banyak hal yang didapat untuk mencegah terjadinya kecelakaan ataupun resiko lainnya saat berkendara di usia tersebut, seperti dalam pengaturan waktu.

"Banyak kecelakan terjadi rata-rata satu (alasannya), 'saya lagi buru-buru'. Kalau kita sudah dewasa, pasti berpikir untuk menyiapkan waktu sebelum jam yang ditentukan. Janjian sama orang jam sekian, berangkat lebih awal, jadi tidak terburu-buru," ujar Atlet Rally Nasional, Rifat Sungkar, saat menjadi narasumber NoDrivingUnder17 oleh detikOto, di ICE BSD, Tangerang.

Hal tersebut tidak didapatkan saat kedewasaan belum tumbuh pada diri seseorang.

"Pertama kalau kita belum dewasa, pas kita mau berangkat ke suatu tempat, kita berangkat saja, tapi kalau kita punya jiwa dewasa kita sudah punya pikiran akan resiko yang bisa terjadi," kata Rifat.

Tapi kalau kita sudah dewasa dalam hal ini rata-rata pengendara berusia 17 tahun, maka resiko kecelakaan karena sedang terburu-buru tidak akan terjadi. Karena kita sudah berpikir bagaimana untuk tidak terburu-buru saat berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan.

"Resikonya rendah karena kita tidak buru-buru," kata Rifat.

Otomatis ketika kita berangkat lebih awal, datang ketempat tujuan pun akan lebih awal, dan itu sama sekali tidak merugikan diri kita, justru sebaliknya menguntungkan diri kita.

"Sudah pasti akan sampai lebih dulu, itu adalah branding atau suatu kesan positif buat kita semua untuk investasi di waktu akan datang. Orang pasti menghormati jika kita datang lebih cepat," lanjut Rifat. (khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed