Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 07 Juni 2017, 13:32 WIB

Mengintip Jeroan Bus Tingkat Mewah Buat Mudik ke Surabaya-Madura

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mengintip Jeroan Bus Tingkat Mewah Buat Mudik ke Surabaya-Madura Bus tingkat Mercedes-Benz (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Jakarta - Bus tingkat yang harganya ditaksir Rp 3,4 miliar bakal melayani penumpang arus mudik menuju Surabaya, Malang dan Madura. Yuk kita simak jeroannya.

Bus anyar Mercedes-Benz, 2542 Double Decker, diborong 12 unit oleh perusahaan transportasi darat, Lorena Holding Company untuk digunakan oleh Lorena dan Karina.

Ruang pandang sopir Ruang pandang sopir Foto: Khairul Imam Ghozali

Bus menggunakan mesin Mercy Euro 3, diesel berkapasitas 11.967 cc. Bus ini memiliki tenaga sampai 422 hp pada 1.900 rpm. Bus memiliki torsi maksimum 1.900 Nm, dengan kecepatan maksimum sekitar 120 km per jam. Kekuatan tanjaknya mencapai 48 persen.

Bus tingkat Mercedes-Benz Bus tingkat Mercedes-Benz Foto: Khairul Imam Ghozali


"Sudah termasuk karoseri, casis dan semuanya. Jadi kita sudah beli 20 casis 12 sudah siap 8 lagi on progress, jadi bisa dihitung berapa investasinya," ujar Managing Director Lorena Transport Tbk Dwi Ryanta Soerbakti, di Ciputat, Tangerang Selatan.

Untuk itu, dengan investasi yang cukup besar itu, Lorena harus mencari darah yang berpotensial menumbuhkan bisnis transportasi daratnya.


Tangga menuju dek atasTangga menuju dek atas Foto: Khairul Imam Ghozali

"Yang pasti mayoritas bus-bus ini kami akan kita gunakan untuk Madura, karena Madura itu adalah kandang Karina (satu grup dengan Lorena) kan. Kalau kita perhatiin disini mayoritas busnya adalah Karina, jadi mayoritas ke Madura," tuturnya.

Bus kelas utama ini dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan terbaru seperti ABS, ESP dan ASR. Sebagai tambahan, sistem suspensi independen, yang dilengkapi dengan air suspension menawarkan kenyamanan spesial ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

Bus tingkat Mercedes-Benz Bus tingkat Mercedes-Benz Foto: Khairul Imam Ghozali


Bus menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dengan tiga(3) axle dan karoseri buatan Adiputro.

Di tiap bangku ada TV yang siap menayangkan puluhan film dan musik, jenis bangku yang terbuat dari kulit dan dilengkapi sandaran kaki (leg rest), AC, Toilet, Water Dispenser dan Ruangan Merokok.

Bus tingkat Mercedes-Benz Kebelet pipis? Ada toilet di bus tingkat Mercedes-Benz Foto: Khairul Imam Ghozali
(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +