Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 17 Mei 2017, 16:53 WIB

Fitur Canggih Truk Swedia, Bisa Ngecek BBM sampai Deteksi Lokasi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Fitur Canggih Truk Swedia, Bisa Ngecek BBM sampai Deteksi Lokasi Foto: Khairul Imam Ghozali
Tangerang - Tiap produsen pasti punya fitur unggulan yang disematkan pada setiap produk kendaraannya. Begitu juga dengan Volvo Trucks Indonesia (VTI), yang punya fitur Dynafleet.

Dynafleet sendiri dikatakan Head of Marketing VTI, Bagus Pranoto, merupakan fitur yang fungsinya berkaitan dengan efisiensi bahan bakar dengan 4 kategori utama: pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan dalam keadaan diam. Data tersebut apabila diolah dengan benar dapat menunjukkan area khusus untuk perkembangan lebih lanjut, sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar di setiap kendaraan.

"Yang bisa mengukur efisiensi bahan bakarnya. Dynafleet itu sistem kerjanya dua, bisa narik data (efisiensi bahan bakar)," ujarnya kepada wartawan, di BSD, Tangerang, Rabu (17/5/3017).

Selain untuk mengukur bahan bakar, fitur tersebut juga dikatakan Bagus, dapat mengetahui lokasi keberadaan truk yang disematkan sistem tersebut.

"Jadi enggak hanya fuel efisiensi, dia juga tahu misalnya lokasi truk itu berada dimana," kata Bagus.

Fitur Canggih Truk Swedia, Bisa Ngecek BBM sampai Deteksi LokasiFoto: Volvo Trucks


Dynafleet juga dapat mencegah tindakan nakal para pengemudi yang suka iseng menyelewengkan biaya bahan bakar. "Kadang kan driver ada yang iseng lah ya, istilahnya bensinnya itu dikencingin, itu dia bisa mendeteksi itu, dia bisa tahu yang kebuang berapa, yang terpakai berapa," tutur Bagus.

Bagi para konsumen yang memiliki akses Dynafleet, lebih lanjut Bagus menjelaskan, dapat mengecek data-data ini lewat gadget seperti, Handphone atau smartphone.
Fitur Canggih Truk Swedia, Bisa Ngecek BBM sampai Deteksi LokasiFoto: Volvo


"So far cuma baru bisa dipakai di truk Volvo. Karena Dynafleet itu memang itu langsung dari Volvo Group, jadi sudah di build-in dalam truknya," pungkasnya. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +