Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 05 Apr 2017, 13:41 WIB

Pertamina: Premium Kian Tersingkirkan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pertamina: Premium Kian Tersingkirkan Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - PT Pertamina Persero mengatakan bahwa Premium, lineup gasoline dengan RON paling rendah (RON 88) sudah mulai ditinggalkan. Banyak pengguna yang memilih bahan bakar Pertamina lainnya.

Berdasarkan data yang diperlihatkan oleh Pertamina, pangsa pasar Premium saat ini tinggal 44 persen. Hal tersebut jauh menurun, soalnya Premium pernah mencapai angka 85 persen tertinggi dibanding BBM bensin lainnya yaitu, Pertamax dan Pertalite.

"38 persen konsumen Premium ke Pertalite, 14 persennya ke Pertamax. Memang lebih banyak konsumen beralih ke Pertalite karena lebih terjangkau," ujar Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina, Afandi.

Beralihnya kebutuhan konsumen tersebut dikatakan Afandi, karena para pengguna kendaraan di Indonesia mulai sadar, dan paham dengan kualitas bahan bakar yang baik, yang tidak mengandung unsur timbal, serta efisiensi penggunaan bahan bakar itu sendiri.

"Selain itu banyak kendaraan baru sekarang standarnya memang sudah pakai RON 90. Bahkan angkot juga sekarang pakai Pertalite, karena mereka anggap lebih hemat ketimbang Premium," ungkapnya.

Lebih lanjut Afandi menjelasakan, terjadinya peralihan tersebut didominasi di wilayah Jawa, yang bahkan penggunaan Premium hanya mencapai angka 30 persen, lebih kecil porsinya dibanding rata-rata penggunaan Premium secara nasional. "Kalau di Sulawesi, Kalimantan, itu Premium masih mayoritas," pungkasnya. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed