Selasa, 31 Jan 2017 18:02 WIB

#nodrivingunder17

Polisi Suka Dilema Tilang Pelajar yang Naik Motor

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Foto pembaca: Daniel Tafianoto Foto: Foto pembaca: Daniel Tafianoto
Bekasi - Dari sisi hukum, anak di bawah umur sudah jelas dilarang mengendarai kendaraan. Di sisi lain, polisi masih memberi toleransi bagi pelajar yang naik motor sehingga kadang tidak menilangnya.

"Ya Memang menyalahi aturan berkendara. Tapi kadang (polisi) dilema, ya kalau bisa dibilang mungkin pemakluman sih memang. Kita memang melarang mereka naik motor, tapi mereka punya kebutuhan khusus, yaitu (contohnya) untuk mereka sampai ke sekolah," ujar Brigadir Indra Adventusa dari Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, kepada wartawan, di Bekasi, Selasa (31/1/2017).

Selain itu, tidak sedikit orang tua justru memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih di bawah umur. "Ya kita gimana? Masak kita harus tau kalau orang tuanya beliin anaknya motor, kan kita ga tau. Tergantung orang tuanya, orang tuanya mau ga anaknya selamat," ujar Indra.

Karena itu dibutuhkan kesadaran dari diri si anak itu sendiri. "Makanya kan ada win-win solution. Dimana orang tua berperan, petugas berperan, sekolah berperan," ujarnya.

Mereka lah yang menurut Indra, berperan untuk menumbuhkan kesadaran dari pengendara di bawah umur. "Jadi semua berperan untuk dalam hal mendidik berkendara lalu lintas, sehingga bisa menumbukan kesadaran," tuturnya.

Selain itu, salah satu cara yang baik untuk menumbuhkan kesadaran tersebut salah satunya adalah melakukan sosialisasi kepada anak-anak sejak dini.

"Kalau saya sih pengennya, ini sih kemauan saya yah, di sekolah itu ada kurikulum tentang tata cara berkendara lalu lintas," ungkap Indra.

Sebagai informasi, selama periode 2016, tercatat lebih dari 50.000 kasus kecelakaan yang melibatkan pengendara maupun pejalan kaki, yang didominasi oleh pelajar usia 15-24 tahun.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.
  • Ini Dia Suzuki Jimny Model Baru

    Ini Dia Suzuki Jimny Model Baru

    Selasa, 19 Jun 2018 10:17 WIB
    Menjelang peluncuran resmi di Jepang, Suzuki merilis foto Jimny model baru di situsnya. Mobil memiliki dua varian dan akan diluncurkan bulan Juli mendatang.
  • Inikah Calon Pesaing Nmax dari Suzuki?

    Inikah Calon Pesaing Nmax dari Suzuki?

    Senin, 18 Jun 2018 19:04 WIB
    Suzuki disebut-sebut sedang menyiapkan pesaing Nmax dan PCX. Kemungkinan pesaing Nmax itu adalah Suzuki Burgman dengan mesin yang lebih kecil.
  • Warna-warni Helm Jorge Lorenzo

    Warna-warni Helm Jorge Lorenzo

    Senin, 18 Jun 2018 18:04 WIB
    Di balapan MotoGP Catalunya kemarin, Jorge Lorenzo tampil beda. Hal berbeda yang ada di Lorenzo adalah helmnya.