Sabtu, 09 Apr 2016 13:15 WIB

Langkah Kemenperin Agar Indonesia Menjadi Basis Produksi Otomotif

Niken Purnamasari - detikOto
Jakarta - Untuk menuju Indonesia sebagai basis negara produksi otomotif, Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengatakan akan memberi dukungan bagi industri komponen. Ia menilai industri komponen otomotif di Indonesia saat ini jauh tertinggal dibanding Thailand.

Saat mengunjungi IIMS 2016, Saleh mengatakan jumlah industri komponen di Indonesia terbilang sedikit yakni tidak lebih dari 1.000 industri, dibandingkan dengan Thailand yang telah memiliki lebih dari 2.500 industri komponen.

"Saat ini kita terus dukung industri komponen terus tumbuh. Kalau dibanding Thailand, industri komponennya diatas 2.500. Kita tidak lebih dari 1.000. Kita dorong industri komponennya," ujar Saleh Husin, Sabtu (9/4/2016).

Dengan memperbanyak jumlah industri komponen, Saleh yakin Indonesia tak hanya sekadar menjadi pasar otomotif tetapi juga basis produksi.

Salah satu usaha yang dilakukan Kementerian Perindustrian untuk mewujudkan hal tersebut yakni melalui pelatihan dan bimbingan kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk komponen otomotif.

"Kita memberikan pelatihan terutama kelas IKM. Kita berikan bimbingan segala macam termasuk kita komunikasikan dengan principal. Kita ada juga pameran IKM di Kemenperin tujuannya untuk bisa memperkenalkan produk jadi Indonesia bisa jadi basis produksi dalam negeri bukan sekadar pasar, tandasnya. (nkn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com