Jumat, 07 Mar 2014 19:54 WIB

Penawaran Sirkuit Nurburgring Sudah Capai Rp 1,1 Triliun

- detikOto
Nurburgring - Kabar mengenai sirkuit legendaris, Nurburgring akan dijual memang sudah lama terdengar. Kini kabar terbarunya adalah penawaran tertinggi sudah mencapai 60-70 juta euro atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

Situs bisnis mingguan terkemuka, Wirtschaftswoche melaporkan bahwa perusaah ekuitas swasta yang berbasis di MIami, HIG Capital adalah penawar tertinggi untuk saat ini.

HIG Capital berani membeli sirkuit yang pertama kali dibangun tahun 1927 silam itu dengan harga yang cukup tinggi yakni 60 hingga 70 juta euro. Harga tersebut termasuk taman hiburan dan hotel di dekatnya.

Ketika dimintai konfirmasi, HIG Capital menolak untuk berkomentar. Jadi belum ada konfirmasi lebih jelas lagi dari perusahaan yang berbasis di Miami, Amerika itu.

Untuk diketahui, awal dijualnya Nurburgring ini karena pemilik sirkuit legendaris saat ini, Nuerburgring GmbH yang 90 persen sahamnya dipegang oleh negara mengajukan kepailitan ke negara bagian Rhineland-Palatinate.

Atas kebangkrutan tersebut, pengelola sirkuit legendaris itu menyalahkan Komisi Eropa yang terlalu lama menyetujui paket penyelamatan untuk mereka. Pemilik sendiri mengalami masalah keuangan setelah terjadi perselisihan dengan operator sirkuit, Nuerburgring Automotive GmbH (NAG) terkait biaya sewa.

Nurburgring sendiri adalah sebuah kawasan khusus motorsports yang dibangun sejak 1920an. Awalnya kawasan ini punya 4 konfigurasi trek sepanjang 28.265 km yang mengelilingi desa Numburg mengelilingi desa yang berada 70 km dari Cologne dan 120 km dari Frankfurt itu. Jalur itu juga mengelilingi benteng abad pertengahan di pegunungan Eifel.

Melihat lintasannya yang berkeliling desa dan pegunungan, legenda Jackie Stewart mengebutnya sebagai 'Neraka Hijau.'

(ady/syu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com