Alasan Yamaha Pertahankan Mesin Scorpio-Z

- detikOto
Rabu, 22 Sep 2010 09:25 WIB
Jakarta - Perubahan yang signifikan pada bodi Yamaha Scorpio-Z ternyata tidak diiringi dengan perubahan kapasitas mesin pada sepeda motor sport itu. Apa alasan Yamaha?

Yamaha mempertahankan mesin berkapasitas 225 cc, SOHC 1 silinder 2 valve 4 tak , berpendingin udara dengan tenaga mencapai 18,2 PS.pada putaran 8.000 rpm.

Dengan mesin seperti itu, Yamaha menilai masih mumpuni. Terlebih tidak ada produsen sepeda motor di Indonesia yang sanggup menyangi
kemampuan mesin Yamaha Scorpio.

"Pertanyaannya adalah apakah ada mesin motor yang sanggup melawan tenaga mesin Scorpio. Rival kita saja tidak sanggup melawan tenaga mesinnya Scorpio-Z,” kata Divisi Service PT YMKI, Muhammad Abidin di acara perkenalan Yamaha Scorpio-Z di Le Bridge, Ancol, Jakarta Utara.

Jadi lanjut pria yang akrab disapa Abidin itu buat apa merubah kapasitas mesin Yamaha Scorpio-Z. "Toh mesinnya masih bagus. Untuk itu kita pertahankan kapasitas mesinnya," jelasnya.

Yamaha pun hanya mempermak tampilan Scorpio-Z dari depan hingga buritan hingga tampil lebih berisi dan segar. Dengan desain yang mengusung gaya sport dan cruiser, Yamaha yakin Scorpio-Z tetap dipilih konsumennya.

"Konsumen kita masih setia, para komunitas pengguna Scorpio-Z salah satunya. Banyak yang bilang mesin masih sangat baik. Untuk apa mengubah mesin. Wajahnya saja disegarkan," ucap Abidin meniru ucapan konsumen setia Yamaha.

Selain mesin yang tidak berubah, Yamaha juga tetap mempertahankan sistem pengereman, Scorpio-Z.  Motor terbarunya itu masih percaya dengan kehandalan rem depan cakram dan rem tromol untuk roda belakangnya.

Sementara jika tuntutan pasar meminta perubahan pada kapasitas mesin Scorpio-Z. Yamaha terpaksa harus mempertimbangkannya.

Soalnya banyak yang harus dipikirkan, salah satunya dari bentuk bodi. "Kalau mesin berubah tentu bodi Yamaha Scorpio-Z
juga harus lebih menantang. Dan dari sisi harga juga akan banyak bertambah. Namun kita belum sampai kearah itu.” tutupnya. (ikh/ddn)