Sediakan Angkutan Umum Layak, Baru Motor Dilarang

- detikOto
Minggu, 29 Agu 2010 08:29 WIB
Jakarta - Cuaca cukup terik di kawasan patung panahan Senayan, ditambah dengan kondisi tubuh yang sedang berpuasa, tidak menghalangi ratusan pemotor untuk berkumpul menjadi satu kesatuan. Mau apa ya?

Adalah Road Safety Association (RSA) bersama ratusan pengguna sepeda motor menggelar aksi damai, terkait dengan pelarangan sepeda motor melintasi jalan protokol sehabis Lebaran nanti.

Mereka menganggap ini sebuah diskriminasi di jalan raya, sehingga sebelum melarang sepeda motor melintas jalan protokol, pemerintah DKI Jakarta harus menyediakan angkutan umum yang layak dulu.

"Intinya kita tidak mau ada diskriminasi, karena kan motor tetap menjadi kebutuhan transportasi. Jadi, sediakan dulu angkutan umum yang layak, baru motor dibatasi," ujar Ketua Umum RSA, Rio Octaviano, di Patung Panahan Senayan, Jakarta, Sabtu (28/8/2010) sore.

Sekitar 100 relawan RSA akan menemani 700 lebih pengguna sepeda motor yang tergabung dalam beberapa komunitas seperti V-ixion Club, S2W, Tyrex, YJOC, Pulsarian, Party-Cee, SOTW, SC225, HSJ, NMC, Vario Club dan masih banyak lagi.

Mereka menggelar aksi damai dengan melakukan orasi keliling, yang dimulai dari Patung Panahan Senayan, lanjut ke Sudirman, Dukuh Atas, Thamrin, Bundaran HI dan akan berakhir di Monumen Nasional.

Harapannya, dengan adanya aksi damai ini, Pemerintah Daerah DKI Jakarta mau sedikit lebih bijaksana dalam mengelola lalu lintas Jakarta yang sudah semrawut ini, bukan dengan cara diskriminasi terhadap pengguna sepeda motor.
(bgj/ddn)