Selasa, 20 Jul 2010 20:25 WIB

Honda Siap Bangun Pabrik Baru di Indonesia

- detikOto
Jakarta - PT Astra Honda Motor terlihat semakin percaya diri dan yakin pasar Indonesia akan berkembang lebih besar. Karena itu tidak heran bila Honda berencana membangun pabrik baru di Indonesia untuk menggenapi kemampuan produksinya menjadi 4 juta unit pertahun.

Penambahan kapasitas produksi menjadi 4 juta unit tersebut akan selesai sebelum akhir tahun 2011 dengan membangun sebuah pabrik baru berkapasitas 500 ribu unit di sebelah pabrik mereka saat ini di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Untuk mewujudkan ambisinya tersebut, Honda sudah menyiapkan dana hingga 7,4 miliar Yen atau sekitar Rp 760 miliar. Pabrik baru ini juga akan membuat jumlah karyawan Honda yang tadinya hanya 16.000 karyawan menjadi 17.000 karyawan.

"Tapi sebelum itu, Honda juga sudah berencana untuk menambah kapasitas produksi menjadi 3,5 juta unit yang akan rampung sebelum akhir tahun ini," ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman di sela-sela peluncuran Honda Revo Techno AT di Planet Hollywood, Jakarta, Selasa (20/7/2010).

Sebelumnya kapasitas produksi Honda di Indonesia hanya 3 juta unit, lalu meningkat menjadi 3,3 juta unit pada akhir Mei melalui penambahan line produksi baru pada pabrik yang sudah ada saat ini.

Untuk penambahan itu, AHM juga sudah mengeluarkan dana hingga Rp 300 miliar di luar dana Rp 760 miliar tadi. "Jadi kalau mau di total ya Rp 760 miliar plus Rp 300 miliar tadi," tambah Loman.

Dari kapasitas produksi tersebut penjualan AHM di tahun 2010 diperkirakan akan mencapai 3,21 juta unit atau naik sekitar 20 persen dibanding tahun 2009 dan penjualan aktual atau retailnya diharapkan juga akan melebihi hasil 2009 yang ada diangka 2,7 juta unit.

Dengan penambahan kapasitas dari Honda Indonesia diperkirakan kapasitas produksi Honda secara keseluruhan di wilayah Asia kecuali Jepang akan naik dari 16 juta unit menjadi 18 juta unit di akhir tahun 2011 hasil dari pengembangan pabrik di Indonesia, India dan Vietnam.

(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com