Kamis, 06 Mei 2010 09:39 WIB

Hampir 2 Dekade Panther Mengaum

- detikOto
Jakarta - Bila kita membicarakan mobil penumpang yang menggunakan mesin diesel, pasti nama Isuzu Panther yang akan keluar duluan dari pikiran kita. Namun bagaimanakah sejarah kelahiran mobil yang mengambil nama dari macan hitam tersebut?

"Panther pertama kali lahir tahun 1991 silam," terang Presdir PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Johannes Nangoi di Bogor, Rabu (5/5/2010).

Ketika akan dikembangkan, mobil ini memiliki kode AUV yang merupakan singkatan dari Asian Utility Vehicle. "Dari namanya saja sudah jelas kalau mobil ini memang sengaja diciptakan oleh Isuzu Jepang untuk pasar Indonesia dan Asia, jadi kita beruntung jadi tempat lahir Panther," ujar Johannes.

Sebab mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) sudah sejak lama diprediksi akan menjadi mobil favorit bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. Karena mobil ini menurut Johannes termasuk serba guna dan mampu mengangkut banyak
barang dan penumpang.

Kini Panther menurut Johannes sudah memiliki 4 generasi. Generasi pertama lahir di tahun 1991 sampai tahun 1996 yang memiliki kode produksi TBR-52. Sedangkan Panther generasi kedua lahir pada tahun 1996 dengan kode produksi TBR-54.
Sementara generasi keempat lahir tahun 2000 dengankode TBR-541.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com