Indonesia Target Utama Penjualan Motor

- detikOto
Selasa, 23 Feb 2010 10:54 WIB
Jakarta - Pasar motor Indonesia dianggap sebagai pasar paling potensial di dunia. Indonesia pada beberapa tahun ke depan akan menjadi negara yang akan menjadi target utama pemasaran motor.

Bahkan diperkirakan 7-10 tahun ke depan penjualan motor nasional akan merangkak naik dan diproyeksi bisa mencapai angka 8-10 juta unit per tahunnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairman dan Presiden Komisaris PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Yoshiteru Takahashi di Jakarta, Senin (22/2/2010).

"7-10 tahun ke depan saya perkirakan pasar Indonesia mampu menyerap 8-10 juta unit motor per tahun," ungkap Takahashi.

Perhitungan itu menurut Takahashi diambil dari perkembangan terkini pasar roda dua dimana permintaan terhadap motor masih terbilang sangat tinggi.

"Ke depan, motor masih jadi pilihan," pungkasnya.

Pasar sepeda motor di Indonesia sendiri bila mengutip data dari Asosiasi
Industri sepeda motor di Indonesia memang terbilang sangat tinggi. Di tahun 2008 saja terjual sekitar 6 juta motor dan 5,8 juta motor di tahun 2009.

"Sementara di tahun 2010 diperkirakan pasar kita akan naik sekitar 10 persen (menjadi 6,2-6,3 juta unit) karena perkiraan kita ekonomi akan tumbuh 5 persen. Biasanya kalau naik 5 persen, industri motor akan naik dua kali lipatnya," timpal Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti.
(syu/ddn)