Senin, 16 Des 2019 00:00 WIB

Ini 3 Suku Cadang Mobil yang Wajib Kamu Beri Perhatian

Advertorial - detikOto
(Foto:dok. Shutterstock)
Jakarta -

Setiap Senin pukul 10.00 pagi, adalah jadwal rutin Gilang (33) melakukan meeting koordinasi dengan tim marketingnya. Mau tak mau wirausaha muda yang bergerak di bidang catering online ini harus turun tangan sendiri mengelola usaha yang baru dirintisnya.

Mulai dari cek jumlah dan suplai bahan baku, mengkoordinasi juru masak, memastikan jumlah pesanan, mengatur strategi pemasaran, hingga pengiriman pesanan kepada pelanggannya.

Waktu yang dimiliki terasa terbatas, sementara di satu sisi Gilang juga aktif melakukan mobilitas ke berbagai tempat dengan menggunakan mobil pribadinya, yang kemudian baru ia sadari mesin mobil andalannya aus karena hampir enam bulan ini tak diservis.

"Ini era digital. Seharusnya ada layanan inovasi yang bisa memudahkan orang seperti saya yang punya waktu terbatas agar semakin mudah melakukan booking servis mobil," kata Gilang kepada detikcom, Minggu (15/12/2019).

Sementara itu Gilang menyadari bahwa merawat mobil secara berkala adalah hal yang penting, agar aktivitasnya yang padat tak terganggu hanya karena persoalan tak ada waktu.

Lantas di tengah kesibukan yang demikian padat, suku cadang apa saja yang tetap harus diperhatikan para pemilik mobil agar kendaraan pribadinya tetap melaju dengan prima di jalanan?

Berikut ini detikcom menguraikan tiga suku cadang apa saja yang harus rutin diganti dan usia pakainya relatif cepat.

Oli mesin dan filter oli

Tak perlu ditanyakan lagi mengapa oli mesin dan filter oli adalah suku cadang yang perlu rutin diganti dan usia pakai relatif cepat.

Perlu diketahui bahwa fungsi vital oli mesin adalah melumasi bagian dalam mesin dan menjaga agar bagian dalam mesin tetap bekerja dengan baik, tanpa benturan dan terhindar gesekan antar komponen.

Sedangkan filter oli punya fungsi sebagai penyaring kotoran yang timbul dari dari gesekan mesin dan menyaring karbon, sebelum oli mesin disirkulasikan ke seluruh bagian mesin.

Semakin sering mobil digunakan, maka semakin berat pula beban kerja oli mesin dan filter oli. Ada baiknya mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer pertama pada mobil baru. Selanjutnya cukup rutin mengganti oli mesin filter oli tiap 10.000 kilometer.

Filter udara

Ternyatanya filter udara memiliki batas usia dan wajib diganti. Ii yang perlu diketahui juga bagi para pecinta mobil, Filter udara ini berfungsi untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar, karena filter udara yang kotor dapat menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Dengan memberishkannya secara rutin, hal ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil.

Aki

Selain oli mesin, filter oli dan filter udara, komponen yang tak boleh terlewatkan adalah aku. Tanda-tanda bahwa aki atau accu mobil mulai melemah dan perlu diganti adalah tidak adanya koneksi remote ke sistem alarm, bunyi klakson tidak nyaring, lampu indikator dashboard lemah atau tidak menyala sama sekali, dan pada akhirnya mesin tidak dapat dinyalakan.

Melemahnya aki mengakibatkan tidak adanya pasokan tenaga ke sistem kelistrikan mobil. Untuk itu, periksa kondisi aki secara berkala. Bahkan ganti suku cadang tersebut bila diperlukan.

Aki biasanya akan melemah saat masuk tahun kedua atau ketiga penggunaan mobil dalam keadaan normal. Artinya tidak ada tambahan perangkat elektronik dan aksesoris kelistrikan lain.

Para pemilik mobil yang punya waktu terbatas untuk melakukan servis kini tak perlu cemas, karena terdapat inovasi layanan servis yang menawarkan kemudahan bagi para pemilik mobil agar dapat mernservis berkala namun tetap efisien waktu.

Seperti diketahui, Auto2000 menghadirkan kemudahan agar aktivitas servis menjadi lebih mudah. Kini servis mobil bisa based on waktu atau time frame, bukan kilometer semata.

Bagi Anda pemilik kendaraan Toyota dapat merakan fitur teranyar yaitu Tasia dan THS . Dengan fitur Tasia, pemilik mobil Toyota dapat melakukan booking servis secara instan di mana pun dan kapan pun.

Bahkan setelah melakukan booking namun Anda punya waktu yang terbatas dan tak sempat bengkel Auto2000, kini bisa gunakan fitur THS Auto2000 Home Service. Lewat layanan ini, pelanggan dapat memilih tempat dan waktu yang dikehendaki untuk melakukan servis berkala.

Bila Anda mau coba fitur dari Auto2000, Anda dapat hubungi nomor WhatsApp Tasia melalui nomor 0822-8980-2000 atau klik link ini.

Kini tak ada lagi alasan untuk mengatakan tak punya waktu untuk melakukan servis mobil secara berkala, karena sekarang sudah ada fitur Tasia dan THS yang semakin memudahkan Anda.

(adv/adv)