Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 06 September 2017, 00:00 WIB

Pelajar SMA Yogyakarta Lagi Gandrungi Ini

Advertorial - detikOto
Pelajar SMA Yogyakarta Lagi Gandrungi Ini Pemenang Yamaha Goes to School Safety Riding Competition (Foto: Yamaha)
Yogyakarta -

Yamaha Goes to School Safety Riding Competition 2017 yang digelar di beberapa kota juga menyambangi Yogyakarta. Nyatanya kompetisi ini menjadi bahan perbincangan dan disukai para pelajar SMA di Yogyakarta. Betapa tidak, berkat kompetisi ini mereka yang menjadi peserta mendapatkan edukasi safety riding atau keselamatan berkendara.

Rangkaian kegiatan Yamaha Goes to School Safety Riding Competition 2017 di Yogyakarta diadakan pada akhir Agustus di lima SMA, yaitu SMAN 1 Kalasan, SMA Pangudi Luhur Sedayu, SMAN 1 Seyegan, SMA Angkasa Yogyakarta, dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.

Pelajar SMA Yogyakarta Lagi Gandrungi Ini Praktek Safety Riding dengan motor Yamaha Aerox 155 VV

Di sini siswa-siswi bisa belajar banyak hal mengenai safety riding dan product knowledge motor-motor populer Yamaha berteknologi Blue Core yang dikenal luas di kalangan anak sekolahan, yakni Aerox 155, Fino Grande, All New Soul GT, dan Mio M3

Dalam kesempatan ini para instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) mengajarkan kiat-kiat dasar berkendara saat persiapan dan ketika berkendara. Kiat itu meliputi pengenalan, cara penggunaan safety gear, riding position (cara duduk, posisi kaki, tangan, badan dan pandangan), hingga teknik pengereman, keseimbangan, dan berbelok.

Pelajar SMA Yogyakarta Lagi Gandrungi Ini Instruktur Yamaha Riding Academy memberikan teori edukasi safety riding

Koordinator Yamaha Riding Academy Andri Saputra memaparkan Yamaha Goes to School Safety Riding Competition merupakan kegiatan nasional dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengenai safety riding yang aman dan nyaman untuk para pelajar.

Selain belajar safety riding, para pelajar juga bisa berkompetisi. Event ini berlangsung di Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Madiun, Tulungagung, dan Surabaya pada Juli hingga September.

Pelajar SMA Yogyakarta Lagi Gandrungi Ini Instruktur Yamaha Riding Academy memberikan teori edukasi safety riding

Sebelumnya event ini digelar di SMA Negeri 1 Kalasan pada Senin (21/8/2017) dan berlanjut ke SMA Pangudi Luhur Sedayu, Selasa (22/8/2017). Terlihat para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Sekitar 100 siswa yang mengikuti acara tersebut mencoba mengendarai sepeda motor matik yang disediakan, seperti Aerox 155, Fino Grande, All New Soul GT, dan Mio M3. Mereka melalui trek Chidori yang berkelok-kelok dan balance bridge atau jembatan keseimbangan.

"Acara ini bisa jadi pelajaran buat kita, naik motor agar lebih hati-hati, terus juga tahu cara berkendara yang aman dan nyaman, serta menggunakan safety gear. Kegiatannya dirancang menarik untuk dipahami para siswa, apalagi pakai motor-motor Yamaha yang populer di masyarakat," kata , siswa kelas XI IPS I Antonius Glorian

Ajari Etika Berkendara

Di SMA Angkasa Yogyakarta SMAN 1 Seyegan. tercatat 100 siswa ikut ambil bagian dalam aktivitas ini . Bagian promosi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Area Yogyakarta Herdyan Trikuncoro berharap dengan acara ini skill dan pola pikir berkendara yang aman dari siswa SMA bisa menjadi lebih baik.

"Kita juga menanamkan etika berkendara agar terhindar dari kecelakaan. Dari data yang kita punya mayoritas kecelakaan karena faktor manusia sebagai penyebab utama," katanya.

Sementara Instruktur Yamaha Riding Academy, Fery, mengatakan, ada banyak hal sederhana namun sering dilupakan pengendara ketika naik motor.

"Contohnya adalah lampu sein. Kanan ya harus ke kanan. Sering kita lihat di jalan, orang sein ke kiri beloknya ke kanan. Itu membahayakan diri dan orang lain," katanya.

Pihak Sekolah Sambut Positif

Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta,sekitar 100 siswa ambil bagian dalam acara ini. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 1 Yogyakarta Singgih Sampurno sangat menyambut baik kegiatan ini karena baginya kegiatan tersebut sangat positif.

"Terkait pembinaan siswa MAN 1 dalam berlalu lintas, dan kegiatan ini tidak hanya mengedukasi tapi juga menunjukan kemampuan siswa dalam berkendara," ungkap Singgih.

Terlebih lagi mengingat MAN 1 yang letaknya di tengah kota dan banyak kendaraan yang berlalu-lalang, Singgih berharap dengan kegiatan tersebut bagi siswa yang sudah memiliki SIM dapat menambah keterampilan berkendaranya, dan untuk yang belum memiliki SIM bisa untuk berlatih dulu.

Tiga Terbaik ke Final Nasional

Sebanyak 50 siswa dari lima sekolah di Yogyakarta mengikuti babak final region di Yamaha Riding Academy center di area Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (26/8/2017).

Pelajar SMA Yogyakarta Lagi Gandrungi Ini Pemenang Yamaha Goes to School Safety Riding Competition

Di final region diadakan kompetisi antarsekolah. Juara 1,2 dan 3 mendapatkan trofi dan uang tunai senilai jutaan rupiah. Sementara 3 peserta terbaik melaju ke final nasional di Jakarta.

Untuk informasi kegiatan tim Yamaha Riding Academy bisa dilihat di Facebook YRA and Community Indonesia dan Instagram @yraandcommunityindonesia

#Yamaha Goes to School

#Yuuk_Selamat Bareng Yamaha

(adv/adv)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed