detikOto


Tabung Elpiji 3 Kg Bisa untuk Bahan Bakar Mobil!

Aditya Maulana - detikOto
Jumat, 24/05/2013 11:28 WIB
Halaman 1 dari 2

Jakarta -Ada yang menarik di pameran IndoAutomotive 2013 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Salah satunya yakni Gaskit Conversion Kit. Konverter gas ini bisa menggunakan tabung elpiji 3 kg untuk bahan bakar kendaraan.

Produk ini merupakan converter kit dari bahan bakar minyak (BBM) ke gas yang katanya bisa mengirit uang Rp 900 ribu perbulannya.

Salah satu karyawan dari PT Tritunggal Perkasa Global, Daniel mengatakan penghitungan itu berdasarkan hasil yang diraih saat melakukan penelitian.

Daniel menjabarkan pengujicobaannya. Pada saat melakukan ujicoba ia menggunakan mobil Toyota Yaris Konversi kg ke liter untuk LPG sesuai berat jenisnya yakni 1 kg LPG sama dengan 1,7 liter LPG.

Jadi 3 kg LPG sama dengan 6 liter LPG harganya Rp 15.000. Jika konsumsi BBM Yaris menggunakan premium 1 liter untuk jarak tempuh 10 km, maka 6 liter premium dengan harga Rp 27 ribu dapat digunakan jarak 60 km.

"Jadi dengan LPG 1 liter/10 km maka efisiensinya Rp 27 ribu dikurangi Rp 15 ribu dan hasilnya Rp 12 ribu," terang Daniel saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2013).

Daniel menambahkan, efisiensi menggunakan tabung LPG 3 kg kurang lebih mencapai 45 persen. Jika dalam 1 bulan penggunaan BBM mengeluarkan dana Rp 2 juta. Dan apabila menggunakan BBM akan terjadi penghematan sebesar 45 persen dikalikan Rp 2 juta hasilnya Rp 900 ribu.Next

Halaman 1 2
(ady/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close