detikOto

Kunci Immobilizer Pengaman Motor dari Maling

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jumat, 07/09/2012 15:58 WIB
Halaman 1 dari 4

Jakarta -Dalam waktu sekian detik, maling bisa menggondol motor kesayangan Anda. Pengguna motor pun berupaya mencegah hal ini dengan berbagai cara, seperti menggembok, memasang alarm atau lainnya.

Mobil-mobil model terbaru kini sudah dilengkapi dengan smart key, motor pun tak mau ketinggalan. Digital Smart Key, kunci pintar buatan Bintang Racing Team (BRT).

"Smart key ini pada dasarnya ini bukan sebuah alarm, karena pengertian alarm biasanya alat tersebut akan memberikan sinyal berupa sirine kepada si pemilik motor bila terjadi hal-hal tertentu, sedangkan smart key ini lebih tepatnya sebut sebagai kunci pengaman pintar makanya dinamakan smart key," ujar Andriyanto dari Bintang Motor.

Dia menuturkan jika menggunakan alarm biasanya ada sedikit risiko terhadap pemakaian aki/baterai sebab untuk membunyikan sirine butuh tegangan aki.

"Kalau motor sedang diparkir di keramaian dan alarm bunyi, dan kita jauh dari lokasi motor, bisa jadi berisiko aki tekor. Ppengalaman pribadi saya waktu parkir motor di Ancol waktu main dengan keluarga, pas balik ke motor mau pulang tiba-tiba stater tidak mau nyala, pas ada tukang parkir bilang itu alarmnya bunyi dari sejam yang lalu. Kontan saja saya harus dorong untuk nyalain mesinnya, sebab kick stater sudah saya lepas dan ditaruh di rumah karena sudah terbiasa menggunakan stater electric jadi nggak pernah diengkol," ujarnya panjang lebar.

Seperti halnya immobilizer di mobil, smart key juga menggunakan RF-ID (Radio Frequency-Indentification). "Teknologi kunci ini sudah terbukti aman," ujarnya.

Bagaimana cara kerjanya? Sederhana saja, yaitu menggunakan smart koin, berupa sebuah gantungan kunci dan akan memberikan kode ke receiver dan kontrol modul yang akan mengontrol mesin untuk nyala.Next

Halaman 1 2 3 4
(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close