detikOto

Kunci Immobilizer Pengaman Motor dari Maling

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jumat, 07/09/2012 15:58 WIB

Kunci Immobilizer Pengaman Motor dari Maling
Jakarta -Dalam waktu sekian detik, maling bisa menggondol motor kesayangan Anda. Pengguna motor pun berupaya mencegah hal ini dengan berbagai cara, seperti menggembok, memasang alarm atau lainnya.

Mobil-mobil model terbaru kini sudah dilengkapi dengan smart key, motor pun tak mau ketinggalan. Digital Smart Key, kunci pintar buatan Bintang Racing Team (BRT).

"Smart key ini pada dasarnya ini bukan sebuah alarm, karena pengertian alarm biasanya alat tersebut akan memberikan sinyal berupa sirine kepada si pemilik motor bila terjadi hal-hal tertentu, sedangkan smart key ini lebih tepatnya sebut sebagai kunci pengaman pintar makanya dinamakan smart key," ujar Andriyanto dari Bintang Motor.

Dia menuturkan jika menggunakan alarm biasanya ada sedikit risiko terhadap pemakaian aki/baterai sebab untuk membunyikan sirine butuh tegangan aki.

"Kalau motor sedang diparkir di keramaian dan alarm bunyi, dan kita jauh dari lokasi motor, bisa jadi berisiko aki tekor. Ppengalaman pribadi saya waktu parkir motor di Ancol waktu main dengan keluarga, pas balik ke motor mau pulang tiba-tiba stater tidak mau nyala, pas ada tukang parkir bilang itu alarmnya bunyi dari sejam yang lalu. Kontan saja saya harus dorong untuk nyalain mesinnya, sebab kick stater sudah saya lepas dan ditaruh di rumah karena sudah terbiasa menggunakan stater electric jadi nggak pernah diengkol," ujarnya panjang lebar.

Seperti halnya immobilizer di mobil, smart key juga menggunakan RF-ID (Radio Frequency-Indentification). "Teknologi kunci ini sudah terbukti aman," ujarnya.

Bagaimana cara kerjanya? Sederhana saja, yaitu menggunakan smart koin, berupa sebuah gantungan kunci dan akan memberikan kode ke receiver dan kontrol modul yang akan mengontrol mesin untuk nyala.

"Koin ini akan terdeteksi dengan jarak 7 cm saja, sensor diletakan di dalam cover body dekat kunci kontak dengan di tempel logo agar mudah mengetahui letak sensornya jadi simple. Buat biker yang punya motor wajib pakai pengaman ini, nggak perlu pakai remote. Cukup dekatkan koin ke sensor maka motor baru bisa dihidupkan," ujarnya.

1. Smart Coin adalah pemancar kode keamanan yang telah dikombinasikan dan tidak dapat dilacak. Koin ini akan memberikan pancaran kode akses agar motor dapat dihidupkan. Smart Coin ini tidak menggunakan baterai dan tahan air, sehingga tidak dapat rusak untuk pemakaian seumur hidup. Smart Coin dirancang sangat unik dan menarik untuk dijadikan gantungan kunci sehingga pencuri tidak menyadari hal tersebut.

2. Smart Receiver adalah modul yang menerima kode sandi yang diberikan oleh koin pintar dan akan dilanjutkan ke Modul Kontrol. Receiver dirancang kompak dan harus diletakkan dekat modul Kunci Kontak di motor anda. Smart receiver ini dirancang tahan air dan tahan guncangan hinggak 10G.

3. Control Modul / Modul kontrol dikendalikan oleh Micro Komputer untuk mengelolah kode yang disampaikan oleh Receiver. Micro komputer akan mengkonfirmasi kode yang disampaikan dan akan mengendalikan keamanan dengan menghidupkan signal pulser motor. Putaran sinyal pulser akan terus dideteksi mikro komputer sehingga Smart Key akan terus berfungsi pada saat motor dikendari dan menghindari fungsi kegagalan yang membuat motor menjadi mati mendadak (mogok) saat di kendarai.

4. Wiring harness (kabel body) Kabel bodi ini dirancang dengan standarisasi Jepang dengan kekuatan tarik hingga 25Kgf. Kabel bodi ini dibuat sesuai model motor sehingga pemasangan Smart Key menjadi sangat mudah dan Simple tanpa ada pemotongan kabel body original motor, sehingga tidak akan menimbulkan resiko arus pendek atau konslet.

5. Buzzer berfungsi memberikan suara seperti sirine namun suara yang dikeluarkan tidak sekeras alarm pada umumnya, tapi alat ini hanya berupa beep yang menandakan bahwa motor dipaksa nyala tanpa smart coin.

"Dengan sistem apapun pencuri mencoba menyalakan motor, dengan kunci T dengan cairan, dan sebagainya, tanpa menggunakan smart coin yang sesuai maka motor tidak akan bisa dinyalakan. Terkecuali pencuri membawa motor dengan mobil pikap akan lain ceritanya," ujarnya terkekeh.

Piro harganya mas? "Harga Rp 350 ribu plus garansi 1 tahun," ujarnya.

Berikut cara pemasangan smart key:

1. Buka cover body yang menuntup kunci kontak




2. Lepaskan kabel kunci kontak dari kabel bodi


3. Pasangkan wiring harness ke kabel kunci kontak



4. Letakkan posisi modul seperti gambar di atas. Letak Receiver harus sedekat mungkin dengan posisi kunci kontak.


5.. Kaitkan kabel pulser sesuai warnanya

Motor-motor yang bisa dipasangi immobilizer ini adalah Honda Blade, Supra X125, Vario, BeAT, New Mega Pro, Yamaha Mio, Jupiter MX, Jupiter Z, Xeon, V-Ixion, Bison, Suzuki Spin Skywave, Shogun 125, Satria Fu, Nex.



(ddn/ddn)
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close