detikOto
 
 


Konsumsi BBM Honda Vario Tembus 78 Km/Liter

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 09/03/2012 22:09 WIB

Surabaya -Motor injeksi anyar milik Honda kembali menunjukkan kelasnya setelah mampu mencetak efisiensi bahan bakar yang terbilang tinggi. Pada touring yang dilakukan, Vario Techno 125 PGM-FI mampu membukukan efisiensi hingga 78,84 km/liter.

Angka tersebut merupakan angka yang dicatat dalam touring ini dan terlihat bagaimana perbaikan angka terus terjadi selama berlangsungnya touring Ultimate Journey Jawa-Bali Vario 125 PGM-FI.

Rekor tersebut dicetak oleh Vario Techno 125 PGM-FI ketika melibas etape Yogyakarta-Solo dengan jarak tempuh 63,2 km. Pada etape tersebut, Vario techno 125 PGM-FI mampu berjalan sejauh 78,84 km hanya dengan meminum 1 liter bahan bakar.

Sebelum rekor ini tercipta, pada etape pertama yang terbentang dari Jakarta hingga Semarang sejauh hampir 500 km, vario 125 PGM-FI hanya membutuhkan 1 liter untuk bisa menempuh jarak 67,8 km. Lalu di etape selanjutnya yang berisi kondisi jalan yang lebih menantang dari Pamanukan hingga Pekalongan, Vario 125 PGM-FI mengkonsumsi bahan bakar 63,9 km/liter.

Sedangkan pada rute Pekalongan-Yogya dengan kontur jalan naik turun dan kondisi hujan, Vario injeksi mampu mencatat angka konsumsi 62,3 km/liter. Sementara untuk kecepatan maksimum, beberapa testes Vario mampu membawa Vario berlari sampai 126 km per jam.

Ada pun rekor 78,84 km/liter yang ditempuh pada rute Yogyakarta-Solo dicetak oleh Setyo Adi dari Jogja Vario Community yang mengendarai motor ini dengan kecepatan rata-rata 40-50 km/jam. Bobot si pengendara sendiri berada di sekitar angka 65 kg dan tinggi 168 cm.

"Kecepatan rata-rata 40-50 km per jam, hal ini disebabkan oleh cuaca hujan. Menurut kami ini bukti Vario menjawab kebutuhan konsumen," ujar Manager PR PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin, Jumat (9/3/2012).
(syu/syu)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close