ADVERTISEMENT

Cara Beli Pertalite-Solar Tanpa Download Aplikasi MyPertamina

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 29 Jun 2022 19:52 WIB
Wacana penghapusan BBM jenis Premium dan Pertalite kian santer, meski belum diketahui pasti kapan hal itu terjadi. Tapi, tahu nggak sih kapan Pertalite itu ada? Selasa, (28/12/2021).
Ilustrasi mengisi BBM di SPBU Pertamina Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pertamina memperketat pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar. Syaratnya harus terdaftar lebih dulu melalui sistem MyPertamina yang dibuka mulai 1 Juli 2022.

Pertamina Patra Niaga, sub Holding Company Trading PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar. Pendaftaran tidak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina, tetapi juga lewat website https://subsiditepat.mypertamina.id/.

"Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna," ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution dalam keterangan resminya dikutip Selasa (29/6/2022).

Adapun pendaftaran baru dibuka 1 Juli 2022 mendatang. masyarakat yang sudah mendaftar di website maupun aplikasi MyPertamina akan diverifikasi datanya terlebih dahulu. Jika sudah diverifikasi, baru bisa membeli BBM jenis Pertalite dan Solar.

Berikut tahapan pendaftaran di website maupun aplikasi MyPertamina dilansir dari keterangan Pertamina.

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Pengguna kendaraan roda empat atau lebih diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Namun sementara ini belum berlaku untuk pengguna sepeda motor.

"(Sepeda motor) sementara belum," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga SH C&T, Irto Ginting saat dihubungi detikOto, Selasa (29/6/2022).

Dikutip dari https://subsiditepat.mypertamina.id, berikut ini daftar lengkap wilayah yang wajib menggunakan MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar.

Implementasi Tahap 1 menggunakan MyPertamina dilaksanakan pada wilayah berikut:

1. Kota Bukit Tinggi

2. Kab. Agam

3. Kota Padang Panjang

4. Kab. Tanah Datar

5. Kota Banjarmasin

6. Kota Bandung

7. Kota Tasikmalaya

8. Kab. Ciamis

9. Kota Manado

10. Kota Yogyakarta

11. Kota Sukabumi



Simak Video "Dear Pemilik Mobil Rental, Lakukan Ini Agar Penyewa Bisa Beli Pertalite"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT