Bass Speaker Tidak Keluar? Ini Penyebabnya

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 06 Feb 2021 17:29 WIB
Di pameran IIMS 2019 pengunjung tak hanya bisa menemukan mobil dan motor baru. Aksesori untuk mempercantik tampilan kendaraan turut hadir di pameran itu.
Penyebab bass sub woofer mobil kurag nampol. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sistem infotainment memang menjadi tambahan kenyamanan yang ditawarkan di dalam sebuah mobil. Bagi beberapa orang yang memang menikmati musik atau hiburan dalam berkendara tentu kualitas audio mobil menjadi perhatian.

Kendala yang cukup sering ditemui dalam perawatan audio adalah hilangnya suara bass dari subwoofer sehingga mengurangi kualitas suara yang dihasilkan. Fungsi bass subwoofer pada mobil adalah untuk menghasilkan suara mulai dari 10 hz sampai dengan 200 hz.

Alat ini berfungsi menangkap dan menghasilkan nada-nada rendah di bawah speaker biasa. Hasil suaranya pun cenderung lebih lembut dibandingkan speaker biasa atau woofer sekali pun.

Ada banyak penyebab suara bass subwoofer mobil tidak keluar. Biasanya hal ini bukan disebabkan oleh usia subwoofer melainkan instalasinya sendiri. Ada beberapa penyebab yang dijelaskan oleh Auto2000 sehingga anda dapat mengatasi masalah audio ini pada mobil anda.

1. Perpindahan Sudut Ruang

Bass subwoofer biasa ditempatkan di bagian dalam bodi mobil. Pemasangan subwoofer tentu saja dilakukan oleh seorang profesional. Namun, terkadang penempatan bass subwoofer ini kurang tepat alias ruang dan sudutnya bergeser. Alhasil, suara bass subwoofer mobil tidak keluar atau hanya terdengar sangat lirih.

Karenanya, sebelum memasang box subwoofer pada mobil, pastikan dulu suara yang dihasilkan sudah terdengar kencang dan pas. Lihat juga apakah ada kemungkinan subwoofer tersebut bergeser dari posisinya akibat dentuman bass yang dihasilkan. Posisi paling tepat pemasangan subwoofer di dalam mobil adalah bagian sudut atau pojok karena merupakan reflektor suara terbaik.

2. Kabel dan Polaritas Speaker

Kabel termasuk komponen penunjang produksi suara bass subwoofer. Tanpa adanya kabel, maka suara yang dihasilkan subwoofer tidak akan muncul. anda harus memastikan kalau seluruh kabel bass subwoofer terpasang sempurna. Gunakan kabel berkualitas terbaik dengan ciri kawat serabutnya lebih banyak.

Lalu, yang tak kalah penting lagi adalah polaritas speaker. Apabila anda memasang kabel dengan polaritas terbalik, maka itu sama halnya dengan membalikkan gerakan kerja dari daun speaker. Alhasil, bass subwoofer mobil tidak keluar atau terdengar sedikit tak bertenaga. Anda mungkin butuh seorang ahli atau penggemar audio pro yang bisa mengetahui mana speaker dengan polaritas terbalik.

3. Boks Speaker Tidak Pas

Suara bass subwoofer mobil tidak keluar bisa dikarenakan box speaker tidak cocok dengan speaker yang dipakai. Ini karena setiap bass subwoofer memiliki spesifikasi box speaker masing-masing yang cocok untuk bisa memaksimalkan suaranya. Kalau salah pilih box, maka bisa dipastikan suara bass jadi kurang optimal.

Saat anda menggunakan komponen speaker dengan gerakan daun speaker cepat, maka lebih baik memakai box yang lubang anginnya tidak terlalu besar. Sebaliknya, apabila menggunakan komponen speaker yang gerakan daunnya sedikit atau biasanya pada komponen speaker full range, maka jauh lebih baik memakai box yang lubang anginnya lebih besar agar suara maksimal. Bisa juga karena tape mobil tidak mengeluarkan suara.

4. Kurang Daya

Ada kemungkinan suara bass subwoofer yang tidak mau muncul atau terdengar kurang maksimal adalah karena pendorong atau power-nya kekurangan daya. Ketika anda menggunakan power amplifier, pastikan komponen tersebut memiliki daya yang lebih besar dari Watt speaker-nya. Jika sebaliknya, maka akan merusak suara yang dihasilkan oleh speaker.

Sebuah tips, jika Anda menggunakan dua buah speaker 18" dengan daya 1000 Watt dan power rakitan, sebaiknya gunakan trafo minimal 25 Ampere. Sebab, meskipun power-nya besar tapi trafo yang digunakan kecil, tetap saja suara bass subwoofer tidak akan terdengar maksimal.

5. Output Ampli Kecil

Apabila anda menginginkan sebuah perangkat audio dengan bass "nendang", maka hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah daya output amplifier-nya. Semakin besar daya output-nya, maka suara yang dihasilkan akan jauh lebih baik. Begitu pun sebaliknya, kalau output-nya kecil, alhasil suaranya pun akan lirih, bahkan seolah tidak keluar.

Idealnya, daya output untuk sebuah perangkat audio adalah 30-100 Watt jika diletakkan di luar ruangan. Namun, karena ini untuk penggunaan di dalam kabin mobil, maka daya output sebesar 10 Watt saja sudah cukup. Lakukan tes perangkat dulu saat Anda memasang bass subwoofer di dalam mobil kesayangan.



Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)