Oli Motor Bocor? Mungkin Ini Penyebabnya

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 03 Feb 2021 08:49 WIB
Oli motor Honda
Penyebab oli motor mengalami kebocoran. Foto: Wahana Honda
Jakarta -

Sistem mekanisme mesin motor membutuhkan oli untuk melancarkan kinerjanya. Oli sudah menjadi bagian yang tidak akan pernah dapat dipisahkan. Apabila ada masalah yang berkaitan dengan oli, maka akan mempengaruhi bagaimana performa sepeda motor.

Salah satu masalah oli yang kerap kali dialami oleh pemilik sepeda motor adalah kebocoran. Kebocoran oli motor ini memiliki banyak faktor yang dapat menyebabkan cairan tersebut keluar dari celah tertentu.

Jika oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor akan berkurang bahkan hingga habis seluruhnya. Tentu hal tersebut akan menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja.

Ada beberapa penjelasan yang dijelaskan oleh Wahana Honda Motor melalui situs resmi yang dapat memberikan anda pengetahuan untuk menghindari kebocoran oli lagi.

1. Volume Berlebih

Saat mengisi oli sebenarnya setiap mesin sudah memiliki takaran atau indikator berapa isi yang diperbolehkan. Hal ini tentu bukan tanpa maksud. Apabila melebih kapasitas yang ditentukan maka kemungkinan besar oli bisa merembes keluar.

Cara supaya volume oli pas adalah menggunakan dipstick. Selain sebagai tutup lubang tempat oli, alat ini juga bisa digunakan untuk melihat seberapa banyak volume oli yang ada di dalam. Selain itu, menggunakan dipstick juga membantu anda untuk melihat bagaimana kondisi oli seperti warna atau tingkat kekentalannya.

2. Seal Rusak

Bagian lain yang dapat membuat oli bocor adalah seal yang sudah tidak dalam kondisi baik lagi. Biasanya seal pecah atau mengalami keretakan karena usia pakai yang sudah mencapai batasnya.

Seal merupakan komponen yang terbuat dari karet dan rentan akan suhu panas. Semakin lama terpapas panas semakin mudah rusak dan oli bisa bocor. Cara mengatasi kebocoran oli ini mau tidak mau adalah mengganti seal dengan yang baru.

3. Usia Mesin

Masalah umur memang kerap kali menjadi sumber masalah pada kondisi kendaraan. Biasanya mesin motor tua rentan terhadap kebocoran oli karena packing mesinnya. Untuk itu jika kendaraan roda dua Anda dirasa sudah berusia cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya.



Simak Video "Mobil Boros? Bisa Jadi Salah Pakai Oli Mesin"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)