4 Bagian Utama Perawatan Mesin Mobil Injeksi

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 17:51 WIB
Servis medium mobil kena banjir di Auto2000 Cilandak, Jakarta, Jumat (3/1/2020).
Tips rawat mesin injeksi mobil. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Ketika mobil dengan mesin injeksi diperkenalkan banyak yang tidak menyukainya karena dianggap sulit dirawat. Padahal kesulitan itu adalah buah dari tidak maunya mencari dan memahami pengetahuan soal mesin injeksi itu sendiri.

Kini di saat hampir semua mobil pakai sistem bahan bakar injeksi mau tidak mau anda juga harus mulai belajar bagi yang ingin mobilnya lebih awet. Setidaknya ada 4 perawatan wajib mobil injeksi yang dipaparkan oleh Garda Oto.

1. Throttle Body

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam perawatan mesin injeksi adalah membersihkan bagian throttle body. Komponen ini berfungsi sebagai pengatur udara masuk dan keluar mesin. Bagian ini harus rutin dibersihkan agar performa mesin tidak terganggu.

2. Sensor

Bagian lain dari mesin injeksi yang harus diperhatikan kebersihannya adalah sensor. Bagi yang belumm tahu, pada sistem bahan bakar injeksi maka terdapat kurang lebih 10 sensor. Ada beberapa yang membutuhkan perawatan ekstra. Sebut saja seperti Nosel Injektor yang berguna sebagai penyuplai bahan bakar, memiliki lubang-lubang yang berukuran kecil dan rawan tersumbat. Saat nosel mulai tersumbat, semprotan bahan bakar ke dalam mesin menjadi berkurang dan tidak teratur. Efeknya mesin pun menjadi tidak stabil.

3. Filter Bensin dan Udara

Selanjutnya bagian filter bensin dan udara wajib pula dibersihkan secara rutin. Apabila filter bensin dan udara jarang dibersihkan maka bisa mengakibatkan suplai pada bensin menjadi terhambat ataupun tersumbat oleh kotoran.

4. Aki

Terakhir yang tak kalah penting adalah aki seperti mobil karburator. Aki yang bertugas sebagai penyuplai listrik harus dijaga apalagi untuk mobil dengan sistem bahan bakar injeksi.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)