Begini Trik Tambah Tarikan Motor Matik CVT

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 23 Des 2020 06:51 WIB
V-belt skuter matik
Modifikasi CVT motor matik biar lebih narik. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Setiap motor yang diproduksi masal punya spesifikasi standar yang sudah disesuaikan sesuai segmen dan kebutuhannya. Tapi kadang untuk mereka yang hanya mampu membeli motor di segmen bawah kurang puas dengan performa yang ditawarkan.

Walaupun demikian ada banyak trik dan tips untuk menambah performa khususnya pada motor matik dengan CVT. Dikutip dari Wahana Honda Motor, ada beberapa modifikasi ringan yang dapat dilakukan sehingga tarikan motor lebih terasa.

Sebelum anda mencoba cara di bawah ini sebaiknya pahami dulu apa itu CVT. CVT merupakan singkatan dari Continuously Variable Transmission adalah sistem transmisi penggerak mesin dalam motor matik. Sederhananya, CVT berfungsi sebagai alat yang menggerakkan motor matic agar dapat digunakan berkendara. Alat ini berhubungan langsung dengan ban motor, di mana ia akan meneruskan laju putaran yang berasal dari mesin sampai ke roda.

Apabila anda sudah paham mari lanjut ke bagian modifikasinya. Ada 3 hal yang dapat dilakukana agar tarikan motor matik dengan sistem CVT bisa ditambahkan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Ubah Bobot Komponen Roller CVT

Di dalam CVT ada Roller yang berfungsi sebagai pengatur pergerakan sliding primary sheave. Komponen ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana ia akan menjauhi poros putaran yang di kelilingnya.

Supaya dapat tambahan tarikan dengan memodifikasinya, anda bisa mengubah bobot roller yang biasanya dibekali oleh pabrik dengan beban massa yang cukup ringan. Penggunaan roller yang lebih ringan akan membuat kinerja sistem CVT motor Anda akan jauh lebih mulus saat digunakan berkendara.

2. Perpanjang Jalur Roller

Selain mengganti Roller CVT dengan yang ringan, anda bisa menambah akselerasi motor dengan memperpanjang jalurnya. Dengan demikian Roller akan bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi.

Cara memperpanjang Roller ini bisa dilakukan sendiri atau minta tolong pada mekanik di bengkel kepercayaan anda. Kalau mau oprek sendiri bisa pakai mata bor tuner ataupun dengan menggunakan alat bantu yang biasa digunakan untuk mengeruk. Intinya adalah membuat jalur komponen roller tersebut lebih presisi dan landai.

3. Ganti Per CVT

Modifikasi CVT lainnya untuk menambah tarikan motor adalah dengan mengganti komponen pernya. Biasanya kalau mau ganti untuk tarikan lebih adalah dengan per yang lebih keras dan panjang. Ganti per ini akan mempercepat akselerasi.

Komponen per ini banyak ditemukan di bengkel resmi atau barang aftermarketnya. Tapi perlu diperhatikan memilih per ini harus disesuaikan dengan spesifikasi motor.



Simak Video "Ganti Ukuran Ban Motor jadi Lebih Besar, Apa Dampaknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)